Beberapa Tips Agar Tetap Belajar atau Masuk Sekolah Saat Berpuasa

Beberapa Tips Agar Tetap Belajar atau Masuk Sekolah Saat Berpuasa - Siswa harus memiliki kondisi yang ideal agar bisa mengikuti kegiatan belajar di sekolah. Untuk menjaga kondisi yang ideal saat bulan puasa merupakan tantangan sendiri bagi para siswa baik siswa SD, SMP maupun SMA. Mengapa siswa yang tidak memiliki kondisi ideal akan susah untuk mengikuti pelajaran di sekolah atau belajar di rumah ? Tentu saja karena kegiatan belajar yang notabene lebih mengedepankan aktivitas berpikir akan lebih berat dari aktivitas fisik lainnya. 

Beberapa siswa yang saya temui misalnya pernah mengatakan bahwa mereka pernah membatalkan puasa karena kondisi fisik yang tidak prima saat harus sekolah atau belajar di bulan puasa. Berikut ini adalah Beberapa Tips Agar Tetap Belajar atau Masuk Sekolah Saat Berpuasa 

1.Memiliki Niat Untuk Berpuasa 

Berpuasa merupakan tantangan bagi siswa yang dituntut harus tetap berangkat ke sekolah dan belajar. Namun tantangan tersebut akan mudah dilewati jika siswa memiliki niat dan iklas untuk melaksanakan ibadah puasa. Berpuasa merupakan ibadah dan merupakan kesempatan untuk memperbaiki diri sendiri. 

2.Menyesuaikan Jadwal Belajar 

Belajar ketika berpuasa tentu berbeda dengan belajar seperti biasanya. Untuk itu, pengaturan waktu belajar terutama saat belajar mandiri di rumah mutlak dilakukan. Setiap siswa perlu mengatur jadwal belajar yang tidak menggangu waktu ibadah maupun kegiatan saat bulan puasa lainnya seperti sahur, berbuka puasa sampai tarwih.

Untuk waktu belajar di sekolah, biasanya pihak sekolah telah mengatur jam sekolah sedemikian rupa sehingga ibadah puasa tidak terganggu.

3.Disiplin dalam sahur dan Berbuka 

Banyak yang menganjurkan agar siswa makan sahur sebaiknya saat mendekati imsak, berbuka sesegera mungkin ketika waktunya berbuka. Sahur dan berbuka dianjurkan  tidak berlebihan. 

4.Mengurangi Kegiatan Fisik yang Menguras Tenaga 

Puasa merupakan upaya menahan serta menghindari hal-hal yang membatalkan puasa. Salah satunya adalah tidak makan dan minum dari saat imsak sampai berbuka puasa. Kegiatan fisik berlebihan akan menguras energi sementara energi yang tersedia sangat terbatas.

5.Menggunakan Waktu di Bulan Puasa Untuk Banyak Beribadah 

Siswa hendaknya lebih banyak menggunakan waktu untukmelakukan aktivitas-aktivitas yang berhubungan denga ibadah di bulan puasa dan mengurangi kegiatan fisik yang menguras tenaga.

6.Menjaga Asupan Makan dan Minum yang Sehat 

Selain disiplin dalam sahur dan berbuka,   penting juga mengkonsumsi  makan dan minuman yang memenuhi syarat kesehatatan terutama makanan dan minuman yang dapat menghasilkan kalori yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan puasa. 

Demikianlah sedikit  Beberapa Tips Agar Tetap Belajar atau Masuk Sekolah Saat Berpuasa.  Semoga bermanfaat untuk para siswa .yang dituntut untuk tetap masuk sekolah dan belajar di bulan puasa. Semoga Bermanfaat.

Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel