Langkah-Langkah Inti Pelaksanaan Pembelajaran Unsur-Unsur Lingkaran di SMP - TIPS BELAJAR MATEMATIKA

Langkah-Langkah Inti Pelaksanaan Pembelajaran Unsur-Unsur Lingkaran di SMP

Langkah-Langkah  Inti Pelaksanaan Pembelajaran Unsur-Unsur Lingkaran di SMP- Materi Geometri dengan sub materi Lingkaran dan Unsur-unsurnya diajarkan sejak sekolah dasar dan dilanjutkan lebih dalam pada jenjang SMP. Berikut ini disajikan Langkah-Langkah  Inti Pelaksanaan Pembelajaran Unsur-Unsur Lingkaran di SMP.

Tujuan Pembelajaran : Melalui proses mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengkomunikasikan hasil mengolah informasi dalam pembelajaran discovery learning, siswa dapat: 

  1. merasa bersyukur terhadap karunia Tuhan atas kesempatan mempelajari kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui belajar persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel;
  2. menunjukkan sikap ingin tahu yang ditandai dengan bertanya kepada siswa lain dan atau guru;
  3. menunjukkan sikap teliti dalam menyelesaiakan tugas dari guru;
  4. mendefinisikan lingkaran dan unsur-unsurnya;
  5. mengidentifikasi dan melukis unsur-unsur lingkaran;
  6. menemukan nilai phi (π) ;
  7. membangun konsep menghitung keliling lingkaran dan meneggunakan untuk penyelesaian masalah
Jangan Lupa: Tonton Video Unsur-Unsur Lingkaran Berikut.



Materi Pembelajaran: Siswa SMP/MTs mempelajari tentang unsur-unsut lingkaran untuk pertama kali adalah pada Kompetensi Dasar (KD) 3.6 (KD kelompok Pengetahuan). KD ini dipelajari dalam beberapa kali pertemuan. Ada beberapa tahapan kemampuan berurutan yang dilalui siswa dalam mempelajari KD 3.6 ini, yaitu:

  1. mengidentifikasi unsur-unsur lingkaran (titik pusat, jari-jari, diameter, busur, juring, tembereng, tali busur dan apotema)
  2. melukis lingkaran beserta unsur-unsurnya.
  3. menemukan nilai phi (π).
  4. membangun konsep keliling dan menggunakan untuk pemecahan masalah
Kemampuan-kemampuan tersebut berhubungan hirarkis, sehingga tahapan nomor-1 ditempuh sebelum mempelajari tahapan nomor 2, tahapan nomor 2 ditempuh sebelum mempelajari tahapan nomor 3, dan seterusnya.

RPP Pertemuan Ke-1 (dari 2 pertemuan) ini adalah rancangan pembelajaran yang terkait tahapan nomor 1. Materi ajar yang dipelajari siswa adalah: pengertian lingkaran beserta unsur-unsurnya dan melukisnya.
  1. Pengertian: lingkaran adalah kumpulan titik-titik yang mempunyai jarak yang sama dengan suatu titik tertentu, titik tertentu adalah pusat lingkaran jarak yang sama adalah jari-jari.
  2. Unsur-unsur lingkaran : titik pusat, jari-jari, diameter, busur, tali busur, juring, tembereng dan apotema.
  3. Melukis lingkaran dan unsur-unsur lingkaran
  4. Menemukan nilai phi (π) dengan bereksperimen mengukur dan membandingkan antara keliling lingkaran dengan diameternya. 
  5. Membangun konsep keliling lingkaran dengan rumusan K = π x d = 2 x π x r
  6. Menggunakan konsep keliling lingkaran dalam penyelesaian masalah
Langkah-Langkah Pembelajaran:
Pendahuluan
  1. Guru memberi salam dan mengajak siswa berdoa, dilanjutkan menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa;
  2. Siswa mendengarkan dan menanggapi cerita tentang manfaat belajar lingkaran dalam kehidupan sehari-hari;
  3. Siswa menyimak tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai dalam pertemuan;
  4. Siswa menyimak informasi tentang cara belajar yang akan ditempuh
  5. Guru mengecek kemampuan prasyarat siswa dengan tanya jawab
Pertemuan I
Inti

  1. Mengamati: Secara klasikal siswa mengamati dan mencermati contoh benda sekitar yang berbentuk lingkaran, kemudian menyimak presentasi melalui layar LCD tentang manfaat benda yang berbentuk lingkaran dan dan definisi lingkaran.Siswa mengembangkan sikap bersyukur.(Contoh permasalahan terlampir)
  2. Menanya: Siswa didorong untuk mengajukan pertanyaan terkait hal-hal yang diamati atau dicermati. Siswa mengembangkan sikap ingin tahu.
  3. Mengumpulkan informasi: Siswa melihat presentasi tentang unsur-unsur lingkaran berupa definisi bukan gambar.
  4. Mengolah informasi: Setelah melihat presentasi LCD, siswa secara berkelompok mengerjakan LK. Siswa mengembangkan sikap teliti.
  5. Mengkomunikasikan: Perwakilan masing-masing kelompok memprersentasikan hasil pekerjaannya. Siswa mengembangkan santun dan menghargai pendapat.
Pertemuan 2
  1.  Mengamati: Secara klasikal siswa menyimak presentasi melalui layar LCD permasalahan nyata yang berkaitan dengan dengan benda yang berbentuk lingkaran .Siswa mengembangkan sikap bersyukur.(Contoh permasalahan terlampir)
  2. Menanya: Siswa didorong untuk mengajukan pertanyaan terkait hal-hal yang diamati atau dicermati. Siswa mengembangkan sikap ingin tahu.
  3.  Mengumpulkan informasi: Siswa melihat presentasi tentang permasalahan nyata berkaitan dengan lingkaran dan berusaha menemukan penyelesaiannya.
  4. Mengolah informasi: Setelah melihat presentasi LCD, siswa secara berkelompok mengerjakan eksperimen mengukur keliling dan diameter beberapa benda nyata berbentuk lingkaran dan membandingkan ukuran keliling dan diameter untuk menemukan nilai phi. Siswa mengembangkan sikap teliti.
  5. Mengkomunikasikan: Perwakilan masing-masing kelompok memprersentasikan hasil pekerjaannya. Siswa mengembangkan santun dan menghargai pendapat.
Jangan lupa tonton penjelasan tentang keliling lingkaran pada video ini.


Penutup
  1. Secara klasikal dan melalui tanya jawab siswa dibimbing untuk merangkum isi pembelajaran yaitu tentang lingkaran,unsur-unsur lingkaran dan cara menghitung keliling lingkaran
  2. Secara individu siswa melakukan refleksi (penilaian diri) tentang hal-hal yang telah dilakukan selama proses belajar pada pertemuan ke-1. Siswa mengembangkan sikap bersyukur.
  3. Siswa menyelesaikan tes uji kompetensi
  4. Siswa mencermati Informasi garis besar isi kegiatan pada pertemuan berikutnya, menemukan konsep luas lingkaran.
Sumber: RPP Unsur-Unsur Lingkaran. Rosid Tomami. https://www.academia.edu

Belum ada Komentar untuk "Langkah-Langkah Inti Pelaksanaan Pembelajaran Unsur-Unsur Lingkaran di SMP"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel