Beberapa Profesi Alternatif Bagi Para Lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Beberapa Profesi Alternatif Bagi Para Lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan-
Profesi guru saat ini sangat menjanjikan Oleh karenanya banyak orang yang berlomba-lomba masuk ke LPTK untuk menempuh pendikan menjadi guru. Sayangny, walau guru banyak dibutuhkan namun alokasi formasi CPNS tidak sebanding dengan kebutuhan guru dan lulusan guru. Memang banyak diantara lulusan LPTK yang menjadi guru honorer, guru tetap swasta, tetapi salary yang didapatkan tidak sebanding dengan kerja keras mereka. Akibatnya, banyak yang mencoba terus peruntungan menjadi CPNS.

Padahal lulusan LPTK tidak harus menjdi guru. Banyak pekerjaan yang layak dicoba dan masih berhubungan dengan bidang ilmu keguruan atau kependidikan.. Berikut ini adalah prefesi  yang dapat digeluti oleh para lulusan keguruan agar tetap mendapatkan penghasilan bahkan lebih besar dari orang yang berprofesi sebagai PNS.

1. Melamar SM3T

SM3T merupakan  program dari Kemendikbud  RI yang memberikan kesempatan kepada para sarjana terutama yang baru lulus untuk  mengajar di tempat terpencil yang kekurangan guru. Para sarjana baru ditawarkan untuk menjadi guru relawan  untuk mengajar di daerah daerah Terluar, Tertinggal dan Terdepan Para relawan ini juga difasilitasi oleh Kemendikbud dengan memberikan uang saku, transport dan fasilitas lain yang hampir sama dengan para PNS. SM3T bisa dijadikan batu loncatan untuk tidak menganggur dan menambah pengalaman mengajar.

2.Menerima  Bimbingan Belajar Sesuai dengan Bidang Ilmu

Saat ini banyak dibutuhkan tenaga guru privat. Seiring dengan perkembangan, para guru yang masih menganggut juga bisa bergabung sebagai guru pada Lembaga bimbingan belajar online misalnya di ruangguru.com  atau membuka bimbingan belajar online sendiri misalnya dengan mengajar melalui video pembelajaran.

3. Buat Video Pembelajaran Secara Online Berlangganan

Kecanggihan teknologi sangat sayang kalau tidak kamu manfaatkan dengan baik.Guru juga dapat membuat video pembelajaran sesuai bidang ilmu dan diunggah ke akun youtube. Video pembelajaran dapat dimonetisasi sehingga dapat menghasilkan uang dari pendapatan iklan google adsense.

4. Menjadi Blogger yang membahas masalah pendidikkan di sekolah sesuai bidang ilmu
Selain membuat tutorial dalam bentuk video pembelajaran, para lulusan keguruan dan kependidikan dapat membuat tutorial terkait mata pelajaran dan lain-lain dan menempatkannya pada blog pribadi. Blog juga dapat dimonetisasi sehingga penulisnya bisa mendapatkan penghasilan dari iklan adsense yang terpasang di blog.

5. Menjadi  Konselor Pendidikan

Para lulusan kependidikan misalnya jurusan psikologi atau bimbingan konseling bisa menjadi konselor pendidikan.

Itulah 5 contoh profesi yang dapat digeluti oleh para lulusan LPTK selain menjadi guru PNS. Tentu saja masih banyak profesi lain yang berhubungan dengan ijasah kepndidikan atau keguruan yang dapat digeluti. Tentu saja dibutuhkan kreativitas dari para lulusan kependidikan untuk menangkap berbagai peluang yang ada di depan mata.

0 Response to "Beberapa Profesi Alternatif Bagi Para Lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel