Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble - Pembelajaran scramble yang menggunakan penekanan latihan soal yang dikerjakan secara kelompok yang memerlukan adanya kerja sama antara anggota kelompok.Model pembelajaran scramble merupakan model pembelajaran yang memberikan lembar soal dan lembar yang disertai alternative jawaban yang tersedia. Robert (dalam Huda, 2013:303), menyatakan bahwa scramble merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatakan konsentrasi dan kecepatan berpikir siswa. Matode ini siswa tidak hanya menjawab soal, tetapi juga mereka dengan cepat jawaban yang sudah tersediah dalam kondisi acak.Scramble merupakan model pembelajaran yang mengajak siswa mencari jawaban terhadap suatu pertanyaan atau pasangan dari suatu konsep secara kreatif dengan cara menyusun huruf-huruf yang disusun secara acak sehingga membentuk jawaban atau pasangan konsep yang di maksud. Scramble merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang disajikan dalam bentuk soal dan jawaban yang mengajak siswa mencari jawaban terhadap suatu pertanyaan atau pasangan dari suatu konsep secara kreatif dengan cara menyusun huruf huruf yang disusun secara acak sehingga membentuk mutu jawaban/pasangan konsep. Model pembelajaran kooperatif tipe scramble dalam pelaksanaannya dengan cara berkelompok yang menekankan perebutan dan perjuangan. 

Model pembelajaran scramble adalah model dimana guru memberikan lembar kerja siswa berupa kartu soal dan kartu jawaban. Jawaban tersebut tersedia namun huruf-hurufnya tersusun secara acak.Model ini siswa diminta menyusun huruf tersebut sehingga membentuk suatu jawaban.Menurut Huda(2013:304),  sintak pembelajaran scramble dapat di terapkan sebagai berikut: 

1) Guru menyajikan materi sesuai dengan topik pembelajaran. 
2) Setelah selesai menjelaskan materi, guru membagikan lembar kerja dengan jawaban yang di acak tersusun. 
3) Guru memberikan durasi tertentu untuk pengerjaan soal 
4) Siswa mengerjakan soal berdasarkan waktu yang telah ditentukan guru. 
5) Guru mengecek durasi waktu dan memeriksa pekerjaan siswa. 
6) Jikawaktu pengerjaan soal sudah habis, siswa wajib mengumpulkan lembar jawaban kepada guru. 

Langkah-langkah model pembelajaran Scramble sebagai berikut: 

1) Guru menjelaskan materi sesuai topik pembelajaran. 
2) Guru membentuk siswa menjadi beberapa kelompok. Setiap Anggota kelompok berjumlah 5 orang. 
3) Guru membuat pertanyaan sesuai kompotensi yang di capai. 
4) Guru membagikan lembar soal dengan jawaban yang diacak susunannya (scramble). 
5) Susunlah huruf-huruf pada bagian kolom B sehingga merupakan kata kunci dari pertanyaan kolom A. 
6) Guru memberikan waktu tertentu untuk mengerjakan soal.. 
7) Guru mengecek waktu dan memeriksa pekerjaan. Jika waktu pengerjaan soal sudah selesai, siswa wajib mengumpulkan lembar jawaban 


 Kelebihan model pembelajaran 

1) Melatih siswa untuk berpikir cepat dan tepat. 
2) Mendorong siswa untuk belajar mengerjakan soal dengan jawaban acak. 
3) Melatih kedisiplinan siswa. 

Kekurangan model pembelajaran scramble 

1) Siswa bisa mencontek jawaban temannya. 
2) Siswa menerima bahan mentah yang hanya perluh diolah dengan baik. 

Macam- macam bentuk model pembelajaran kooperatif Scramble 

1) Scramble kata, yaitu sebuah permainan menyusun kata-kata dan huruf-huruf yang telah di kacaukan letakannya sehingga membentuk suatu kata tetentu yang bermakna. 
2) Scramble kalimat yaitu, permainan menyusun kalimat dari kata-kata acak, bentuk kalimat hendaknya logis, bermakna tepat dan benar. 
3) Scramble Wacana yaitu, sebuah permainan menyusun wacana logis berdasarkan kalimat-kalimat acak. Hasil susunan wawancara hendaknya logis, bermakna, melalui pembelajaran kooperatif matode Scramble, siswa dapat di latih berkreasi menyusun kata, kalimat, atau wacana yang acak susunanya dengan susunan yang bermakna.

Sumber: Miftahul Huda (2013) Model-model pembelajaranScranble

Posting Komentar untuk "Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble "