Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemetaan Materi Matematika Sekolah Dasar Kelas Tinggi ( Kelas IV, Kelas V dan Kelas VI) Kurikulum 2013

Pemetaan Materi Matematika Sekolah Dasar Kelas Tinggi ( Kelas IV, Kelas V dan Kelas VI) Kurikulum 2013- Struktur materi matematika di sekolah dasar disusun mengikuti karakteristik matematika sekolah. Yang menjadi karakter dari matematika sekoah diantaranya adalah bersifat hirarkis dan spiral. Materi matematika disusun mempertimbangkan kesiapan intelektual anak usia sekolah dasar sehingga penyajiannya berawal dari hal-hal konkrit yang dikenal siswa serta dimulai dari materi yang mudah ke yang sulit. Selain itu, penyusunan materi matematika SD secara hirarkis dapat memastikan penguasaan materi yang menjadi prasyarat untuk materi matematika lainnya.

Berikut ini merupakan pemetaan materi matematika di kelas 4-6 sekolah dasar yang dapat dijumpai pada penyusunan buku-buku matematika sd kelas 4-6 kurikulum 2013 revisi 2018.

Bilangan Bulat

Kelas VI: Membaca dan Menulis Lambang Bilangan Bulat, Mengurutkan dan Membandingkan Bilangan Bulat, Operasi Hitung Bilangan Bulat, Menyelesaikan Masalah Sehari-hari dengan Bilangan Bulat, Konsep Faktor dan Kelipatan Bilangan

Pecahan

Kelas IV:  Pengertian pecahan, pecahan senilai, pecahan sederhana, membandingkan dan mengurutkan pecahan, berbagai bentuk pecahan, pembulatan bilangan, dan menaksir operasi hitung dua bilangan.

Kelas V: Operasi Hitung Pecahan seperti Penjumlahan Pecahan, Pengurangan Pecahan, Perkalian Pecahan dan Pembagian Pecahan 

Perbandingan dan Skala ( Kelas V)

Pengukuran:

Kelas IV: Pengukuran Panjang dan Berat, Pengukuran Sudut
Kelas V: Kecepatan dan Debit

Bangun Datar

Kelas IV: Keliling dan Luas Bangun Datar meliputi keliling dan luas bangun datar, yang meliputi segi banyak beraturan dan segi banyak tidak beraturan, keliling dan luas bangun datar (persegi, persegi panjang, dan segitiga), dan hubungan antar garis.

Kelas VI: Keliling Lingkaran, Luas Lingkaran

Bangun Ruang 

Kelas V: Volume Bangun Ruang, Jaring-jaring Bangun Ruang
Kelas VI: Luas Permukaan Bangun Ruang, Volume Bangun Ruang

Statistika

Kelas IV: Pengumpulan Data, Penyajian Data
Kelas VI: Modus (Data yang Sering Muncul), Median (Data atau Nilai Tengah), Mean (Nilai atau Data Rata-rata), Nilai yang Tepat Mewakili Modus, Median dan Mean

Posting Komentar untuk "Pemetaan Materi Matematika Sekolah Dasar Kelas Tinggi ( Kelas IV, Kelas V dan Kelas VI) Kurikulum 2013 "