Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Universitas di Saat Pandemi

Tips Memilih Universitas di Saat Pandemi

Saat ini, banyak lembaga pendidikan tinggi yang melaksanakan proses perkuliahan secara daring dan luring bergantian maupun kombinasinya akibat pandemic Covid-19. Apalagi, menjelang Tahun akademik baru, 2021/2022 Indonesia disibukan dengan melonjaknya jumlah orang yang terpapar virus bahkan muncul varian-varian baru Covid-19.Oleh karena keadaan ini banyak orang memilih dan dianjurkan menghabiskan waktunya untuk di rumah saja sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19.

Keadaan ini tentu saja berpengaruh pada proses perkuliahan di Perguruan Tinggi di Indonesia. Dengan semakin merebaknya penyebaran virus Corona atau Covid-19 tentu berdampak juga pada pemilihan universitas. Terlebih banyak sekolah yang harus memberlakukan sistem belajar dari rumah untuk mencegah penyebaran virus Corona. Bila sudah demikian, pasti ada banyak siswa yang kesulitan memperoleh informasi seputar universitas yang diinginkan. Jauh sebelum Pandemi, hadirnya internet membantu calon mahasiswa memperoleh berbagai informasi menarik termasuk informasi mengenai universitas. Berikut ini tips memilih PT di masa pandemic Covid-19

1. Pilihlah Universitas sesuai Bakat, Minat dan atau Potensi Diri Sendiri

Tips memilih universitas di masa pandemi yang pertama yaitu dengan mengidentifikasi potensi diri. Dalam persiapan memasuki universitas memang tidak mengenal kata terlalu dini. Orang tua bisa berdiskusi dengan guru-guru untuk memperoleh informasi selengkap mungkin mengenai perkembangan pembelajaran anak di sekolah.

Melalui informasi yang menyeluruh, para orang tua bisa memperoleh gambaran mengenai bakat dan minat anak. Selain itu, para orang tua sebaiknya meluangkan waktu berdiskusi dengan anak untuk mengetahui passion dan hal-hal yang paling mereka sukai. Dengan demikian para siswa yang dibimbing oleh orang tuanya dapat mengidentifikasi potensi diri sehingga memudahkan mereka menentukan jurusan serta universitas yang dituju.

2. Mencari Informasi Sebanyak-Banyaknya tentang PT dan jurusan yang sesuai dengan Potensi diri

Sebelum melakukan pencarian informasi atau riset universitas, maka tips memilih universitas yaitu dengan menentukan target lalu mengerucutkan pencarian. Selanjutnya Anda bisa mulai menyusun kerangka kerja agar semakin memperjelas proses riset. Dalam riset tersebut, Anda bisa mulai mengumpulkan serangkaian pertanyaan seputar universitas. Tips ini akan membantu Anda mengeliminasi semua informasi yang terasa kurang relevan dengan tujuan Anda.

Dalam memilih universitas di masa pandemi, Anda juga bisa menyusun kata kunci sebagai panduan untuk meneliti universitas yang akan dipilih. Cara ini akan membuat riset pemilihan universitas semakin fokus. Apabila saat riset, Anda menemukan informasi lain maka bisa Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan. Ketika Anda mulai riset dengan membandingkan beberapa universitas, Anda akan memperoleh informasi yang berbasis fakta maupun opini.

4. Pilihlah PT dengan Akreditasi yang Baik

Tips memilih universitas yang berikutnya yaitu mempertimbangkan akreditasi universitas. Untuk mengetahui universitas yang sudah terakreditasi maka Anda bisa mengunjungi situs BAN PT. Akreditasi dari BAN-PT sangatlah penting bagi sebuah program studi maupun institusi. Sebab akreditasi tersebut merupakan jaminan mutu sebuah kampus serta menjadi syarat ketika akan melamar kerja bagi pegawai negeri sipil dan karyawan swasta.

5. Pilihlah PT dengan Fasilitas yang Baik yang menunjang Potensi diri

Dalam memilih universitas saat pandemi, sebaiknya pertimbangkan juga fasilitas serta lingkungan sekitar universitas tersebut. Pastikan universitas yang akan Anda pilih sudah memiliki fasilitas memadai seperti auditorium, laboratorium, lahan parkir hingga perpustakaan. Selain itu, adanya fasilitas umum di dekat kampus juga bisa menjadi bahan pertimbangan tambahan, seperti stasiun kereta api.

6. Pilihlah Kampus yang menawarkan banyak Program Beasiswa

Tips memilih universitas berikutnya yaitu dengan mencari tahu program beasiswa dari universitas tersebut. Dimana program beasiswa yang tersedia biasanya meliputi beasiswa akademik, beasiswa alumni dan beasiswa non akademik. Di masa pandemi seperti saat ini, adanya program beasiswa tentu sangat membantu meringankan para mahasiswa untuk membayar biaya pendidikan di tengah kondisi ekonomi yang tidak menentu.

7. Memiliki Beragam Program Studi

Universitas yang baik, salah satunya ditandai dengan memiliki banyak pilihan program studi dari berbagai bidang ilmu. Kemudian pastikan Anda memilih program studi tersebut sesuai minat, passion dan bakat supaya dapat mendukung cita-cita Anda ketika memasuki dunia kerja nantinya.

8. Lokasi Universitas

Dalam memilih universitas saat masa pandemi sebaiknya Anda memperhatikan tips memilih universitas dengan memperhatikan lokasinya. Pastikan lokasi universitas tersebut strategis dan mudah dijangkau. Upayakan juga, memilih lokasi universitas yang berada di wilayah aman dari penyebaran virus corona sehingga meminimalisir penularan virus corona.

9. Aktivitas Mahasiswa

Keaktifan Anda saat di kampus bisa menjadi tolak ukur ketika Anda bekerja. Dengan demikian Anda perlu memastikan bahwa universitas impian Anda mempunyai beragam aktivitas kemahasiswaan mulai dari organisasi kemahasiswaan, kegiatan seni hingga olahraga.

10.Waktu Perkuliahan

Tips memilih universitas di masa pandemi berikutnya yaitu dengan memperhatikan waktu perkuliahan. Masing-masing universitas menyediakan waktu perkuliahan yang fleksibel. Terlebih di masa pandemi saat ini, pastikan Anda memilih universitas yang mempunyai sistem teknologi informasi mumpuni untuk menunjang proses pembelajaran e-learning atau jarak jauh.

11. Program Pembayaran Kuliah

Ketika memilih universitas idaman di tengah masa pandemi, maka Anda perlu mempertimbangkan program pembayaran kuliah dari kampus tersebut. Pastikan universitas yang Anda pilih menyediakan program pembayaran kuliah dengan sistem berkala setiap bulan. Selain itu, untuk mencegah penyebaran virus Corona pastikan juga universitas tersebut menyediakan pembayaran dengan sistem online atau transfer bank.

Melalui beberapa tips memilih universitas seperti di atas, tentu kini Anda tak perlu bingung lagi memilih universitas terbaik meski di masa pandemi. Dengan memilih universitas secara cermat maka Anda bisa menentukan pilihan secara tepat dan tentunya menghindarkan Anda dari bahaya paparan virus corona.

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Universitas di Saat Pandemi"