Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Matematika SMP Kelas 7: Aritmatika Sosial

Matematika SMP Kelas 7: Aritmatika Sosial. Matematika adalah ilmu yang mendasari perkembangan ilmu pengetahuan. Matematika juga digunakan dalam kehidupan sosial masyarakat. Contoh cabang ilmu matematika yang sering digunakan adalah aritmatika sosial. 

Pengertian aritmatika sosial 

Dilansir dari Encyclopedia Britannica, aritmatika adalah cabang matematika yang mempelajari hubungan antara angka untuk memecahkan suatu masalah. Adapun aritmatika sosial mempelajari hubungan angka untuk memecahkan permasalahan sosial dalam kehidupan sehari-hari. Aritmatika sosial digunakan dalam urusan perhitungan keuangan dalam perdagangan dan kehidupan sehari-hari. 

Jenis-jenis aritmatika sosial 

Aritmatika sosial terbagi menjadi beberapa jenis yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, untung dan rugi, persentase untung dan rugi, rabat, bruto, tara, dan neto, bunga, dan juga pajak.

Untung rugi 

Dilansir dari Cuemath, untung dan rugi adalah istilah yang digunakan untuk mengidentifikasi apakah suatu transaksi menguntungkan atau tidak. Untung disebut juga dengan laba. Transaksi dinilai menguntungkan jika harga jual lebih besar dari harga jual. Sedangkan, rugi terjadi jika harga beli lebih kecil daripada harga jual. 

Berikut adalah rumus untung dan rugi: 

Untung = harga jual – harga beli Rugi = harga beli – harga jual 

Persentase untung rugi Untung dan rugi dalam penjualan sering dinyatakan dalam bentuk persen (%). Berikut adalah rumus persentase untung dan rugi: 

Persentase untung = (untung/harga pembelian) x 100% 
Persentase rugi = (rugi/harga pembelian) x 100% 

Rabat 

Rabat adalah potongan harga atau yang lebih dikenal sebagai diskon. Berikut adalah rumus dari rabat: 

Harga rabat = persen rabat (%) x harga awal 

Harga yang dibayar = harga awal – harga rabat 

Bruto, tara, dan neto 

Dilansir dari Math is Fun, bruto atau berat kotor adalah berat total barang termasuk kemasannya. Neto adalah berat bersih atau berat isi saja. Sedangkan, tara adalah berat tambahan yaitu berat pengbungkus tanpa isinya. Rumus Bruto, tara, dan neto adalah sebagai berikut: 

Bruto = tara + neto 
Neto = bruto – tara 
Tara = bruto – neto 

Bunga 

Perhitungan bunga keuangan juga menggunakan aritmatika sosial. Bunga adalah balas jasa yang diberikan atau dibayar dalam jangka waktu tertentu.
 Bunga = waktu menabung x persen bunga x jumlah uang yang ditabung 

Pajak 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pajak adalah pungutan wajib berupa uang yang harus dibayar oleh penduduk sebagai sumbangan wajib kepada negara atau pemerintah sehubungan dengan pendapatan, pemilikan, harga beli barang, dan lain sebagainya. 

Pajak = persen pajak x jumlah pendapatan 


Posting Komentar untuk "Matematika SMP Kelas 7: Aritmatika Sosial"