Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sistem Numerasi Turus/Tally

Sistem Numerasi Turus/Tally -Sistem ini menggunakan symbol tongkat “|“untuk menyatakan bilangan. Setiap obyek yang dihitung diwakili oleh satu tongkat. Perhitungan satu sampai empat obyek diwakili oleh tongkat sebagai berikut.

Selanjutnya perhitungan kuantitas obyek berikutnya masing-masing sebagai berikut.

Keuntungan dari sistem ini adalah kesederhanaannya; namun, dua kelemahannya adalah (1) bilangan besar membutuhkan banyak simbol tongkat , dan (2) sulit untuk membaca bilangan dengan symbol seperti di bawah ini. Misalnya, bilangan apa yang diwakili oleh hasil penghitungan dengan tanda tongkat di bawah ini ?

Oleh karena itu system turus ini memperkenalkan system pengelompokan seperti di bawah ini. Sistem penghitungan ditingkatkan dengan pengenalan pengelompokan. Dalam hal ini, tongkat tanda penghitungan kelima ditempatkan di setiap perhitungan empat untuk membuat kelompok tongkat menjadi lima. Jadi yang terakhir penghitungan angka dapat ditulis sebagai berikut:

Pengelompokan seperti ini memudahkan untuk mengenali bilangan yang diwakili; pada kasus ini, terdapat 37 tanda hasil perhitungan.

Posting Komentar untuk "Sistem Numerasi Turus/Tally"