Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sistematika Proposal PTK: Judul PTK

Sistematika Proposal PTK: Judul PTK. Dalam sebuah proposal penelitian, keberadaan judul sangat penting. Mengapa demikian ? Alasannya adalah karena dengan melihat judul penelitian dapat langsung diketahui jenis, pendekatan dan metode penelitian yang digunakan. Demikianpun dalam PTK. Judul hendaknya dibuat secara ringkas dan mencerminkan tindakan, perbaikan pembelajaran, dan subyek sasaran.

Contoh judul PTK dan penulisannya: 

(1) "Upaya Meningkatkan Keterampilan berpikir kritis Siswa Kelas V SDK Yapertif Tahun Pelajaran 2014/2015 melalui Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik"

Dari contoh judul diatas dapat dijelaskan, (1) permasalahan pembelajarannya yang perlu perbaikan adalah ketrampilan berpikir kritis; (2) bentuk tindakan yang digunakan untuk mengatasi masalah (perbaikan) pembelajaran adalah Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik; (3) subyek sasaran adalah siswa kelas V SD SDK Yapertif Tahun Pelajaran 2014/2015. 

(2) "Penggunaan Metode Bermain Peran dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika bagi Siswa Kelas Vb SD Cendikia Ende Tahun Pelajaran 2014/2015"

Dari contoh judul diatas dapat dideskripsikan; (1) perbaikan pembelajaran yang diharapkan adalah peningkatan hasil belajar Matematika, (2) tindakan pembelajaran yang digunakan untuk perbaikan adalah model bermain peran dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik, dan (3) subyek sasaran adalah siswa kelas Vb SD Cendikia tahun ajaran 2014/2015.

Contoh judul PTK dan penulisannya yang lain ;

(3)"Upaya Mengatasi Perilaku Negatif melalui Pemberian Layanan Konseling Individu bagi siswa kelas IV Semester I SDK Yapertif Ende Tahun Pelajaran 2015/2016"

(4)"Peningkatan Kemampuan Kognitif Dan Ketrampilan Inter-personal melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw bagi Siswa Kelas V MIN Ende Tahun Pelajaran 2014/2015"

(5)"Efektifitas Pembelajaran IPA melalui Metode Out Door Study dalam upaya Meningkatkan Pemahaman Energi Alternatif Bagi Siswa Kelas IV Semester II SD Yapertif Ende Tahun Pelajaran 2014/2015"

(6) "Membina Keterampilan Fakta Dasar Perkalian Di Kelas II SD/MI Melalui Permainan Kartu Bilangan"

Baca juga referensi-referensi yang saya sertakan pada:

Posting Komentar untuk "Sistematika Proposal PTK: Judul PTK"