Beberapa Tips Mengajar Matematika yang Menyenangkan

Beberapa Tips Mengajar Matematika yang Menyenangkan - Guru manakah yang tidak ingin agar pembelajaran matematika yang dikelolanya dirasakan menarik bagi para siswanya. Apalagi mengingat hampir sebagian besar siswa banyak yang sudah takut dengan pembelajaran matematika. Tentu saja, hampir semua guru mempunyai keinginan agar pembelajaran matematika berlangsung menyenangkan. Pembelajaran matematika tentu saja akan berjalan lancar dan mencapai tujuan belajar matematika yang telah dirumuskan jika guru menggunakan prinsip-prinsip pembelajaran matematika yang bermakna.

Belakangan ini banyak konsep pembelajaran matematika yang menyenangkan. Pembelajaran matematika seperti ini akan memungkinkan siswa untuk mencapai atau melampaui ketuntasan belajar.Pembelajaran matematika dikatakan bermakna kalau setelah selesai belajar matematika siswa tidak cepat lupa dengan konsep matematika yang baru dipelajari dan dapat mengaplikasikan konsep matematika tersebut pada konsep atau aplikasi matematika yang lain.

Pembelajaran matematika bermakna juga dapat membuat siswa merasa senang dan betah belajar karena guru menghubungkan apa yang dikenal siswa dalam kesehariannya dengan konsep matematika yang dipelajari. Siswa belajar matematika dengan melakukan aktivitas-aktivitas matematika yang akrab dengan kehidupan mereka sehari-hari.Selain siswa akrab dengan aktivitas-aktivitas anak seusia mereka, para siswa berasal dari lingkungan budaya tertentu. Praktik-praktik matematika pada budaya tertentu dapat digunakan untuk memperkenalkan konsep matematika yang akan dipelajari.



Berikut ini beberapa tips yang berhubungan dengan alternatif pembelajaran matematika yang menyenangkan untuk dapat diterapkan di kelas.

1. Mulailah kegiatan belajar dengan menggunakan permainan tradisional, game atau kegiatan lain yang berhubungan dengan materi matematika yang akan dipelajari. Permainan tradisional yang dipilih harus memiliki fenomena matematis dan relevan dengan materi yang dipelajari. Game modern berbasis komputer biasanya sudah ada jenisnya untuk pembelajaran konsep tertentu.


2. Rancanglah aktivitas belajar yang berbasis permainan tradisional, game dan siapkan lembar kerja siswa yang sesuai.

3. Sedapat mungkin dapat menggali praktik-praktik matematika yang dipraktikan oleh masyarakat tertentu. Tentu saja, pemilihan praktik-praktik matematika tersebut harus berhubungan dengan materi yang dipelajari saat itu.

4. Gunakanlah Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik menganjurkan penggunaan atau pengembangan konteks untuk memfasilitasi siswa belajar matematika secara bertahap. Pendidikan matematika realistik juga merupakan pendekatan pembelajaran matematika yang menyenangkan.

Demikianlah beberapa tips yang perlu dicoba agar pembelajaran matematika di kelas dapat lebih bermakna dan menyenangkan bagi siswa yang tentu saja akan berpengaruh pada penguasaan konsep-konsep matematika.




Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Beberapa Tips Mengajar Matematika yang Menyenangkan"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...