Mengajar Geometri dan Aljabar Menggunakan Geogebra


Mengajar Geometri dan Aljabar Menggunakan Geogebra. Seperti yang kita ketahui,  materi geometri ruang yang ada pada pembelajaran matematika SMA biasanya meliputi jarak titik ke garis, jarak titik ke bidang, sudut antar garis, sudut antar bidang dan sudut antara garis dan bidang. Konsep-konsep geometri tersebut bagi sebagian besar siswa sangat sulit dipahami. Kesulitan ini disebabkan karena mereka tidak memiliki daya imajinasi yang mencukupi seperti siswa lainnya. Oleh karena itu dibutuhkan suatu alat yang mampu untuk mempermudah dan memperjelas imajinasi akan materi – materi geometri tersebut. Salah satu program yang dapat digunakan untuk tujuan tersebut adalah sebuah software yang bernama Geogebra. 

Keunggulan yang dimiliki oleh perangkat lunak Geogebra ini antara lain:

  1. Antara Geometri, Aljabar dan Spreadsheet terintegrasi dan bersifat dinamis
  2. Fitur antar mukanya banyak, canggih dan mudah digunakan (user friendly.
  3. Alat authoring untuk membuat bahan pembelajaran interaktif sebagai halaman web
  4. Tersedia dalam banyak bahasa untuk jutaan pengguna di seluruh dunia
  5. Merupakan software yang bersifat open source artinya software ini tersedia secara bebas untuk penggunaan yang bersifat non-komersial
Sesuai namanya, Geogebra merupakan singkatan dari “Geometry and Algebra. Geogebra  adalah perangkat lunak inovatif matematika untuk menyelesaikan masalah-masalah geometri dan aljabar. Geogebra memiliki General Public License (GNU), sehingga program ini bebas untuk diunduh dan digunakan serta dikembangkan oleh para penggunanya. Geogebra bekerja pada sistem operasi yang cukup luas, mencakup Windows, Linux dan Macintosh dan menggunakan Java sebagai mesin virtual yang sudah otomatis terpasang pada perangkat lunak tersebut.

Geogebra dibuat oleh Markus Hohenwarter. Dia membuat Geogebra sebagai sebuah perangkat lunak yang bebas, dinamis dan terbuka, yang dapat digunakan sebagai alat untuk mengajar dan mempelajari matematika mulai dari tingkat sekolah sampai universitas. Geogebra menawarkan kepada pengguna, kemampuan analisa geometri, aljabar dan kalkulus yang terhubung secara penuh dan antarmukanya sangat sederhana dan mudah digunakan oleh pengguna. Dengan kata lain, Geogebra menggabungkan konsep analisa geometri dinamis dengan bidang aljabar dan analisa matematika secara bersama-sama.

Dirancang secara spesifik untuk tujuan pendidikan, Geogebra dapat membantu para guru dan siswa untuk melakukan eksperimen, orientasi masalah, dan orientasi penelitian bidang geometri baik di rumah maupun di sekolah. Para siswa dapat mengunakan secara simultan sistem komputer untuk aljabar dan geometri yang interaktif.

Geogebra adalah sebuah perangkat lunak geometri dinamis yang menunjang semua konstruksi gambar geometri dengan titik, garis, dan kurva lengkung (seperti lingkaran, elips, dan lain-lain). Geogebra juga memiliki kemampuan sistem aljabar untuk menyelesaikan hal-hal penting yang berhubungan dengan fungsi tertentu (seperti akar, titik ekstrim, dan lain-lain), penggunaan rumus fungsi dan titik koordinat secara langsung pada input bar, serta mencari nilai turunan dan integral dari sebuah fungsi. Inilah alasan kenapa geogebra adalah pilihan yang tepat untuk menampilkan beberapa obyek geometri secara langsung.

Geogebra adalah software matematika dinamis untuk semua tingkat pendidikan yang menyatukan geometri, aljabar, spreadsheet, grafik, statistik dan kalkulus dalam satu mudah-ke-menggunakan paket. Geogebra adalah sebuah komunitas berkembang pesat jutaan pengguna yang terletak di hampir setiap negara. Geogebra telah menjadi penyedia terkemuka perangkat lunak matematika dinamis, mendukung ilmu pengetahuan, teknologi, teknik dan matematika  pendidikan dan inovasi dalam proses belajar mengajar di seluruh dunia.
    Seperti yang ditulis dalam situsnya, Geogebra diklaim disukai oleh para siswa, guru dan juga sekolah. Alasannya adalah sebagai berikut:



    Karena keunggulannya maka tidak mengherankan kalau Geogebra mendapatkan beberapa penghargaan yaitu:
    1. MERLOT Classics Penghargaan 2013 : Multimedia Sumber Daya Pendidikan untuk Belajar dan Mengajar online (Las Vegas, Nevada, USA)
    2. NTLC Award 2010 : National Technology Leadership Award (Washington DC, USA)
    3. Tech Award 2009: Laureat pada  Kategori Pendidikan (San Jose, California, USA)
    4. BETT Award 2009 : Finalis di London untuk Inggris Pendidikan Technology Award
    5. SourceForge.net Komunitas Choice Awards 2008 : Finalis, Proyek Terbaik untuk Pendidik
    6. AECT Pengembangan Distinguished Award 2008 : Asosiasi untuk Pendidikan Komunikasi dan Teknologi (Orlando, USA)
    7. Learnie Award 2006: Austria Software Pendidikan Award (Wina, Austria)
    8. eTwinning Award 2006: 1 hadiah untuk “Crop Circles Challenge” dengan GeoGebra (Linz, Austria)
    9. Trophées du Libre 2005: International Free Software Award, kategori Pendidikan (Soisson, Prancis)
    10. Comenius 2004 : Jerman Pendidikan Media Award (Berlin, Jerman)
    11. Learnie Award 2005: Austria Software Pendidikan Award (Wina, Austria)
    12. Digital 2004 : Jerman Software Pendidikan Award (Cologne, Jerman)
    13. Learnie Award 2003: Austria Software Pendidikan Award (Wina, Austria)
    14. EASA 2002 : Eropa Akademik Software Award (Ronneby, Swedia)



    Sumber :

    Berlangganan update artikel terbaru via email:

    0 Response to "Mengajar Geometri dan Aljabar Menggunakan Geogebra"

    Post a Comment

    loading...

    Iklan Atas Artikel

    loading...

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel

    loading...