Mengapa Suara Lebih Jelas Terdengar pada Malam Hari

Apakah  kita pernah merasakan saat di malam hari, suara kita lebih terdengar jelas dibanding siang hari? Apabila rumah  kita berada di dekat stasiun kereta api atau jalan raya hal ini sering terjadi. Entah mengapa kalau di siang hari suara kereta api atau suara kendaraan yang lewat tidak kedengaran atau kedengarannya kecil, sedangkan di malam hari suara itu terdengar sangat jelas. Pada waktu malam hari suara dari tempat jauhpun dapat terdengar dengan jelas.  

Salah satu alasannya adalah pada waktu malam hari, banyak orang yang sedang istirahat di rumahnya, sehingga membuat suasana menjadi tenang dan sunyi. Suasana di siang hari, dimana banyak kendaraan yang mondar mandir  dan suara lainnya membuat suasana menjadi lebih riuhdibandingkan dengan saat malam hari. Hal inilah yang menyebabkan telinga kita tidak mendengar suara yang jauh tetapi lebih fokus pada suara yang berada di dekat telinga kita.

Faktor lainnya yang membuat suara terdengar lebih jelas di malam hari adalah pembiasan gelombang suara. Ternyata, gelombang suara itu lebih cepat merambat pada saat udara tersebut panas, dan akan merambat lebih lambat saat udara dingin. Cepat rambat bunyi di udara dipengaruhi oleh kondisi udara, terutama ; suhu dan tekanan udara.  Besarnya cepat rambat bunyi di udara yang dipengaruhi oleh suhu dinyatakan dengan rumus Miller. v = 331 + 0,6.T. Dengan melihat rumus ini,  dapat disimpulkan bahwa makin tinggi suhu udara, maka semakin besar cepat rambat bunyi di udara.

Baca Juga :

Mengapa Tidak Dianjurkan Untuk Tidur di Bawah Pohon Besar pada Malam Hari ?

Pada siang hari biasanya saat suhu udara panas menyebabkan medium udara menjadi lebih renggang dan bunyi dibiaskan ke udara. Akibatnya bunyi pada siang hari kurang jelas. Sedangkan pada malam hari suhu udara dingin menyebabkan medium udara rapat bunyi dibiaskan ke permukaan bumi sehingga bunyi pada malam hari jelas. Saat siang hari, suhu udara di atmosfer cenderung lebih panas dibandingkan dengan suhu udara di sekitar permukaan bumi. Akibatnya, gelombang suara yang menuju ke arah bumi akan dibiaskan ke atas, dan arahnya semakin menjauhi telinga kita. Sebaliknya, di malam hari justru suhu udara di sekitar permukaan bumi lah yang lebih panas, sehingga gelombang suara yang menuju ke arah atmosfer akan dibiaskan ke bawah. Imbasnya, arah gelombang suara tersebut menjadi semakin dekat dengan telinga kita dan semakin dapat kita dengar dengan jelas.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengapa Suara Lebih Jelas Terdengar pada Malam Hari"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...