Mengapa Alat Penangkal Petir Wajib Terpasang Pada Suatu Gedung Bertingkat ?

Gedung bertingkat biasanya dilengkapi dengan alat penangkal petir. Alat penangkal petir biasanya dipasang pada tempat tertinggi yang ada pada gedung bertingkat. Alat penangkal tersebut dihubungkan dengan kawat khusus (yang terbuat dari tembaga) menuju tanah.
Lalu, begitu pentingkah alat penangkal petir ? Tentu saja, alat tersebut tidak dipasang begitu saja kalau tidak ada fungsi dan tujuannya. Alat tersebut dipasang agar gedung bertingkat tersebut dapat terbebas dari sambaran petir. Dalam kilatan petir terdapat muatan-muatan listrik. Listrik petir memiliki tegangan luar biasa besar yang katanya dapat mencapai 1 juta Volt saat menyambar dan tidak jauh berkurang tegangannya ketika melewati sebuah konduktor logam . 

Muatan listrik petir akan mencari lintasan yang terpendek untuk mengalir dari awan ke tanah. Tentu saja, muatan listrik tersebut akan lebih cepat mengenai apapun yang lebih tinggi misalnya pohon yang tinggi, gedung bertingkat, orang yang tengah berada di tanah lapang atau padang saat terjadinya petir. Makanya sangat disarankan agar para pemain sepak bola berhenti bermain ketika terjadi badai petir.

Alat penangkal petir terbuat dari logam dan berujung tajam dan biasanya terpasang pada puncak gedung atau rumah. Alat ini bekerja dengan cara memisahkan muatan listrik positif dan negatif sehingga dapat mengurangi loncatan bunga api listrik yang besar. Jika muatan listrik positif dan negatif tidak dipisahkan, maka tentu saja akan sangat membahayakan bagi gedung dan para penghuninya.

Bagaimana sampai terjadi Petir dan Guntur?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengapa Alat Penangkal Petir Wajib Terpasang Pada Suatu Gedung Bertingkat ?"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...