Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendidikan Dasar Berkualitas: Potensi Untuk Mengubah Masyarakat dalam Satu Generasi

Pendidikan Dasar Berkualitas: Potensi Untuk Mengubah Masyarakat dalam Satu Generasi . Review Journal: Quality Primary Education: The Potential to Transform Society in a Single Generation

Judul : Quality Primary Education: The Potential to Transform Society in a Single Generation (Pendidikan Dasar Berkualitas: Potensi Untuk Mengubah Masyarakat dalam Satu Generasi )

Deskripsi Singkat Isi Artikel :

Jurnal ini berisi tentang kualitas pendidikan dasar. Makalah mendeskripsikan tentang: (1) Pengantar tentang pendidikan dasar (2) kualitas peserta didik (3) kualitas lingkungan belajar (4) kualitas konten (isi) (5) kualitas proses, (6) kualitas hasil, (7) Program untuk pendidikan dasar.

Pada bagian pengantar, mendeskripsikan tentang pendidikan dasar. Menurut sebuah studi Bank Dunia, setiap tahun tambahan pendidikan dasar meningkatkan produktivitas seseorang. Sistem pendidikan tidak dapat meningkat dan berkembang tanpa dukungan, sumber daya dan perhatian masyarakat. Pendidikan berkualitas mengacu pada sistem pendidikan yang melalui proses pemrograman, struktur dan konten yang memungkinkan:

1. Pelajar yang sehat, bergizi baik, dan siap untuk berpartisipasi dan belajar, dan dalam belajar didukung oleh keluarga dan masyarakat;

2. Lingkungan yang sehat, aman, melindungi dan peka gender, dan menyediakan sumber daya dan fasilitas yang memadai;
3. Konten, yang tercermin dalam kurikulum dan bahan yang relevan untuk akuisisi keterampilan dasar, khususnya di bidang membaca, berhitung dan keterampilan untuk hidup, dan pengetahuan di bidang-bidang seperti jenis kelamin, kesehatan, gizi, HIV/AIDS, dan perdamaian;
4. Proses, dimana guru terlatih menggunakan anak-berpusat pendekatan mengajar di kelas yang dikelola dengan baik dan sekolah dan penilaian terampil untuk memfasilitasi pembelajaran dan mengurangi kesenjangan;
5. Hasil, yang mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap, dan terkait dengan tujuan nasional untuk pendidikan dan partisipasi positif di masyarakat.

Pada bagian kedua mendeskripsikan tentang kualitas peserta didik meliputi kesehatan, dukungan orang tua dan keluarga,elemen fisik (infrastuktur sekolah), ukuran kelas, psikologi lingkungan sekolah dan layanan kesehatan.

1. Kesehatan. Cukup sederhana, anak-anak harus mampu belajar dan bersekolah. Oleh karena itu mereka harus cukup gizi, dirangsang secara fisik dan psikis dan terhindar dari penyakit yang dapat dicegah dan infeksi. Perkembangan penting yang membentuk dasar bagi pembelajaran anak-anak terjadi pada anak usia dini terutama dalam tiga tahun pertama mereka.

2. Dukungan orang tua dan keluarga. Orang tua dan keluarga adalah guru pertama seorang anak. Namun, mereka mungkin tidak memiliki pengetahuan yang memadai tentang bagaimana perawatan anak pada tahun pertama untuk mendukung kebutuhan sekolah anak-anak di tahun kemudian. Anak-anak yang orang tuanya memiliki pendidikan sekolah dasar lebih mungkin untuk memiliki skor tes yang rendah dan pengulangan kelas daripada anak-anak yang orangtuanya yang memiliki pendidikan sekolah menengah. Salah satu keterlibatan orang tua dan lingkungan masyarakat dalam pendidikan adalah partisipasi orangtua dalam manajemen sekolah.

Pada bagian ketiga mendeskripsikan tentang kualitas lingkungan belajar meliputi:

1. Infrastruktur sekolah (elemen fisik), Ukuran dan organisasi kelas juga dapat mempengaruhi metode pembelajaran guru, misalnya, mengatur tempat duduk dalam sebuah lingkaran untuk memungkinkan interaksi maksimum bukan anak kuliah duduk di baris. Belajar anak dipengaruhi oleh ketersediaan buku pelajaran, bahan pembelajaran, dan ruang yang tersedia untuk belajar. Dalam proyek sekolah pedesaan di Tunisia, pengembangan infrastruktur sekolah yang aman telah menjadi prioritas bersama.

2. Ukuran kelas, guru lebih efisien dan mampu memberikan perhatian individu ketika ukuran kelas yang kecil. Satu studi menunjukkan bahwa anak-anak yang berada di kelas dengan jumlah 25 siswa atau lebih adalah 1,5 kali lebih mungkin untuk menunjukkan nilai tes yang lebih rendah dan peningkatan pada ulangan kelas. Memang, kualitas pendidikan dan pembelajaran tidak hanya dipengaruhi oleh ukuran kelas yang besar.

3. Psikososial lingkungan sekolah, Sebuah lingkungan kelas inklusif dan tidak diskriminatif memungkinkan dan mendorong partisipasi yang sama dari semua anak merupakan pusat pendidikan berkualitas. Ini termasuk mengembangkan lingkungan yang damai dan aman untuk anak perempuan, kaum minoritas, dan anak-anak dengan kebutuhan khusus. Mengembangkan lingkungan inklusif mencakup banyak unsur.

4. Layanan kesehatan, Integrasi antara layanan dan sekolah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peserta didik yang sehat, serta mengembangkan sistem mutu pendidikan. Hubungan antara kesehatan dan pendidikan yang paling umum dan menunjukkan hasil positif. Sekolah berbasis pelayanan kesehatan telah digunakan untuk mengatasi masalah kekurangan energi protein, gangguan defisiensi mikronutrien, infeksi cacing dan lapar sementara. Memang, integrasi pelayanan kesehatan dalam pendidikan dapat membentuk dasar untuk meningkatkan fungsi kognitif anak-anak. Hal ini juga menetapkan hubungan yang positif antara keluarga dan sekolah sehingga mendukung mempromosi sekolah dalam masyarakat.

Pada bagian keempat mendeskripsikan tentang Kualitas konten mengacu pada kurikulum yang direncanakan dan diajarkan dari sekolah. Secara umum, kurikulum harus disusun dengan tujuan agar anak-anak dapat memperoleh keterampilan memecahkan masalah dan analisis serta pengetahuan: penekanan mendalam dari pengetahuan, otentik, masalah kontekstual penelitian, dan pembelajaran. Kurikulum juga harus selektif mengintegrasikan materi pelajaran dan fokus pada hasil, standar dan target untuk struktur siswa. Idealnya kurikulum harus mencerminkan dan menanggapi realitas nasional dan lokal. Kualitas konten ini meliputi literacy, numeracy, dan kecakapan hidup dan pendidikan tentang perdamaian.

1. Literacy (kemampuan untuk membaca dan menulis) merupakan salah satu tujuan utama dari pendidikan formal. Kebijakan dan praktik dalam pendidikan keaksaraan bervariasi secara signifikan antara negara-negara. Keterampilan keaksaraan sering diajarkan sebagai mata pelajaran tersendiri. Sebuah studi UNICEF menemukan bahwa dalam kasus ini ada fokus yang lebih besar pada bahasa sebagai alat untuk pembangunan sosial, situasi dari kehidupan sehari-hari dimasukkan ke dalam kegiatan yang mendorong akuisisi membaca dan menulis

2. Numeracy (kemampuan berhitung) mencakup berbagai keterampilan dari aritmatika dasar dan penalaran logis, untuk matematika canggih dan kemampuan komunikasi interpretatif. Karena penguasaan bidang kurikulum banyak, dari studi geografi dan sosial untuk ilmu pengetahuan dan pelatihan kejuruan, memerlukan berhitung, banyak pendidik matematika menganjurkan mengajarkan keterampilan berhitung secara terpadu bukan sebagai subjek yang terisolasi dalam kursus matematika. Keterampilan berhitung tidak hanya memberi orang lebih banyak kontrol dalam kehidupan sehari-hari mereka melalui, misalnya, manajemen lebih tepat dari rumah tangga atau usaha kecil, tetapi juga memungkinkan untuk lebih berpartisipasi aktif dalam masyarakat dan bangsa, karena memahami masalah-masalah kolektif yang membutuhkan kemampuan untuk memahami keuangan dan informasi kuantitatif lainnya.

3. Kecakapan hidup, diasumsikan mencakup topik-topik seperti kesehatan, kebersihan, norma-norma perilaku dan keterampilan kejuruan. Kurikulum berbasis Keterampilan hidup berfokus pada sikap, nilai-nilai, dan perubahan perilaku, bukannya berusaha untuk menyediakan peserta didik yang dapat menyelesaikan konflik dan membuat keputusan. Demikian pula, pendidikan perdamaian berusaha untuk mengajarkan siswa tentang bagaimana mencegah dan menyelesaikan konflik secara damai dalam pengaturan intrapersonal, interpersonal, antar kelompok, nasional atau internasional.

Bagian kelima mendeskripsikan tentang kualitas proses yang meliputi bagaimana kualitas guru, penilaian dan evaluasi dalam peningkatan kualitas pendidikan.

1. Guru, salah satu faktor paling penting dalam membantu anak-anak belajar. Sayangnya, guru sering kurang siap untuk tugas mereka. Seleksi guru dan pelatihan cenderung mendukung pengetahuan umum atas kemampuan pedagogis dalam membantu siswa belajar. Pengamatan guru di Meksiko, India, Guinea, dan China menunjukkan bahwa mereka tidak menguasai materi pelajaran yang mereka ajarkan maupun keterampilan pedagogis yang diperlukan untuk mengajar yang baik. Pengalaman dari proyek UNICEF didukung menunjukkan bahwa teknologi video, peer pembelajaran dan pengamatan pengawas adalah semua media yang efektif dan sesuai untuk pengembangan kapasitas guru.
2. Standar Guru meliputi:
- Pengetahuan siswa: Guru mengembangkan pengetahuan mereka tentang perkembangan anak dan hubungan antar siswa untuk memahami kemampuan, kepentingan, aspirasi dan nilai-nilai siswa.
- Pengetahuan tentang konten dan kurikulum: Guru mengembangkan pengetahuan mereka tentang materi pelajaran dan kurikulum untuk membuat keputusan tentang apa yang penting bagi siswa untuk belajar.
- Lingkungan belajar: Guru membangun komunitas, peduli inklusif, menciptakan sekolah aman di mana siswa dapat berkembang secara intelektual, praktek demokrasi, dan bekerja sama dan mandiri.
- Menghormati keanekaragaman: Guru membantu siswa untuk belajar menghargai perbedaan dan kelompok individu.
- Sumber Instructional: Guru membuat, menilai, memilih dan mengadaptasi beragam bahan dan memanfaatkan sumber daya lain seperti staf, anggota masyarakat dan mahasiswa untuk mendukung pembelajaran.
- Aplikasi pengetahuan: Guru melibatkan para siswa dalam belajar di dalam dan seluruh disiplin ilmu dan membantu siswa memahami bagaimana mata pelajaran yang mereka pelajari dapat digunakan untuk mengeksplorasi isu-isu penting dalam kehidupan mereka dan dunia di sekitar mereka.
- Beberapa jalur pengetahuan: Guru memberikan pilihan pada siswa beberapa jalur yang dibutuhkan untuk mempelajari konsep-konsep sentral dalam setiap mata pelajaran sekolah, mengeksplorasi tema dan topik penting yang melintasi bidang studi, dan membangun pengetahuan.
3. Penilaian dan evaluasi, Proses mutu harus mencakup metode penilaian dan evaluasi yang memungkinkan para guru untuk mengukur kinerja dan kemajuan masing-masing siswa. Sayangnya banyak guru dan sistem pendidikan terus mengandalkan hampir secara eksklusif pada tes tertulis tradisional pengetahuan faktual yang cenderung mengedepankan menghafal daripada kemampuan berpikir tingkat tinggi. Selain itu, penilaian skor akademik dan prestasi umumnya digunakan untuk tujuan sumatif daripada formatif. Sebuah proyek di Ghana menunjukkan bahwa penilaian berkelanjutan dari kinerja siswa dapat menyediakan informasi bagi guru tentang mereka butuhkan untuk meningkatkan pembelajaran siswa.

Bagian keenam mendeskripsikan tentang kualitas hasil belajar sebagai efek disengaja dan diharapkan yang dihasilkan oleh sistem pendidikan. Kualitas hasil adalah apa yang anak-anak tahu dan apa yang bisa mereka lakukan serta sikap dan harapan mereka untuk diri sendiri dan masyarakat.

Evaluasi dan penilaian hasil belajar dari sudut pandang kualitas sangat penting untuk memperkuat dan meningkatkan sistem pendidikan. Di Cina, misalnya, anak-anak terbukti memperoleh pemahaman memadai membaca, menulis dan matematika. Namun prestasi belajar mereka dalam keterampilan hidup secara signifikan kurang, yang menyebabkan rekomendasi bahwa "proses belajar-mengajar di Cina perlu lebih menekankan kemampuan memecahkan masalah dan kemampuan untuk menerapkan pengetahuan dalam berurusan dengan masalah kehidupan nyata".

Bagian ketujuh mendeskripsikan tentang Sebuah Sistem Pendidikan Berkualitas. UNICEF (2000), mendefinisikan pendidikan yang berkualitas memerlukan pengembangan sistem pendidikan yang berpusat pada anak, lingkungan belajar dengan pengembangan masyarakat. Pengembangan memungkinkan kebijakan yang mengharuskan pemerintah nasional menyelaraskan tujuan pendidikan nasional mereka dengan hasil peserta didik berkualitas. Menggunakan alat penilaian praktis dalam kelas dan mengembangkan sistem pendidikan untuk mengatasi kelemahan adalah cara yang paling efisien dan efektif untuk mempromosikan pendidikan berkualitas. Meningkatkan kualitas pendidikan dengan meningkatkan prestasi peserta didik adalah bergantung pada pengembangan sistem sekolah yang didukung masyarakat dan kompeten departemen pemerintah daerah.

B. Identifikasi Masalah

Beberapa masalah yang dapat diidentifikasi dalam jurnal ini adalah:
(1)Masih kurangnya perhatian sekolah mengenai kualitas peserta didik.
(2)Masih ada sekolah yang memiliki sarana dan prasarana fisik sekolah rendah sehingga kualitas lingkungan belajar juga rendah.
(3)Kualitas guru yang rendah karena kurangnya pengetahuan tentang materi yang diajarkan dan keterampilan pedagogis di beberapa negara.
(4)Hasil belajar siswa menunjukkan kualitas yang masih rendah
(5)Pembelajaran di kelas belum menekankan kemampuan memecahkan masalah dan kemampuan untuk menerapkan pengetahuan dalam kehidupan nyata.
(6)Penilaian dan evaluasi hasil belajar siswa masih tradisional.

C.Pembahasan

Pendidikan berkualitas mengacu pada sistem pendidikan yang melalui proses pemrograman, struktur dan konten yang memungkinkan: (a) Pelajar yang sehat, bergizi baik, dan siap untuk berpartisipasi dan belajar, dan dalam belajar didukung oleh keluarga dan masyarakat; (b) Lingkungan yang sehat, aman, melindungi dan peka gender, dan menyediakan sumber daya dan fasilitas yang memadai; (c) Konten, yang tercermin dalam kurikulum dan bahan yang relevan untuk akuisisi keterampilan dasar, khususnya di bidang membaca, berhitung dan keterampilan untuk hidup, dan pengetahuan di bidang-bidang seperti jenis kelamin, kesehatan, gizi, HIV/AIDS, dan perdamaian; (d) Proses, dimana guru terlatih menggunakan anak-berpusat pendekatan mengajar di kelas yang dikelola dengan baik dan sekolah dalam penilaian terampil untuk memfasilitasi pembelajaran dan mengurangi kesenjangan; (e) Hasil, yang mencakup pengetahuan, keterampilan, dan sikap, dan terkait dengan tujuan nasional untuk pendidikan dan partisipasi positif di masyarakat.

Berhubungan dengan konten dan proses, dibutuhkan guru yang memenuhi standar-standar profesional yang dapat menggunakan bukti-bukti penelitian berkualitas yang dapat meningkatkan performa siswa dalam praktik pengajaran mereka. Dengan kata lain, bahwa dibutuhkan guru berkualitas mumpuni yang didefinisikan :

a highly qualified teacher as having completed a teacher education program and earned a bachelor’s degree, thereby obtaining full State certification; being placed in a position which matches his/her area of certification; and not having had certification or licensure requirements waived on an emergency, temporary, or provisional basis ( Marszalek, et all, 2010)

Seorang guru berkualifikasi tinggi adalah guru yang telah menyelesaikan program pendidikan guru dan memperoleh gelar sarjana, sehingga memperoleh sertifikasi penuh Negara, yang ditempatkan di posisi yang sesuai area sertifikasi, dan tidak memiliki memiliki sertifikasi .

Kualitas peserta didik meliputi: (a) Kesehatan, yaitu anak-anak harus mampu belajar dan bersekolah. Oleh karena itu mereka harus cukup gizi, dirangsang secara fisik dan psikis dan terhindar dari penyakit yang dapat dicegah dan infeksi. Perkembangan penting yang membentuk dasar bagi pembelajaran anak-anak terjadi pada anak usia dini terutama dalam tiga tahun pertama mereka; (b) Dukungan orang tua dan keluarga, Orang tua dan keluarga adalah guru pertama seorang anak. Namun, mereka mungkin tidak memiliki pengetahuan yang memadai tentang bagaimana perawatan anak pada tahun pertama untuk mendukung kebutuhan sekolah anak-anak di tahun kemudian. Anak-anak yang orang tuanya memiliki pendidikan sekolah dasar lebih mungkin untuk memiliki skor tes yang rendah dan pengulangan kelas daripada anak-anak yang orangtuanya yang memiliki pendidikan sekolah menengah. Salah satu keterlibatan orang tua dan lingkungan masyarakat dalam pendidikan adalah partisipasi orangtua dalam manajemen sekolah.

Kurikulum juga harus selektif mengintegrasikan materi pelajaran dan fokus pada hasil, standar dan target untuk struktur siswa. Idealnya kurikulum harus mencerminkan dan menanggapi realitas nasional dan lokal. Kualitas konten ini meliputi literacy, numeracy, dan kecakapan hidup dan pendidikan tentang perdamaian.

1. Literacy (kemampuan untuk membaca dan menulis) merupakan salah satu tujuan utama dari pendidikan formal. Kebijakan dan praktik dalam pendidikan keaksaraan bervariasi secara signifikan antara negara-negara. Keterampilan keaksaraan sering diajarkan sebagai mata pelajaran tersendiri. Sebuah studi UNICEF menemukan bahwa dalam kasus ini ada fokus yang lebih besar pada bahasa sebagai alat untuk pembangunan sosial, situasi dari kehidupan sehari-hari dimasukkan ke dalam kegiatan yang mendorong akuisisi membaca dan menulis
2. Numeracy (kemampuan berhitung) mencakup berbagai keterampilan dari aritmatika dasar dan penalaran logis, untuk matematika canggih dan kemampuan komunikasi interpretatif. Karena penguasaan bidang kurikulum banyak, dari studi geografi dan sosial untuk ilmu pengetahuan dan pelatihan kejuruan, memerlukan berhitung, banyak pendidik matematika menganjurkan mengajarkan keterampilan berhitung secara terpadu bukan sebagai subjek yang terisolasi dalam kursus matematika. Keterampilan berhitung tidak hanya memberi orang lebih banyak kontrol dalam kehidupan sehari-hari mereka melalui, misalnya, manajemen lebih tepat dari rumah tangga atau usaha kecil, tetapi juga memungkinkan untuk lebih berpartisipasi aktif dalam masyarakat dan bangsa, karena memahami masalah-masalah kolektif yang membutuhkan kemampuan untuk memahami keuangan dan informasi kuantitatif lainnya.
3. Kecakapan hidup, diasumsikan mencakup topik-topik seperti kesehatan, kebersihan, norma-norma perilaku dan keterampilan kejuruan. Kurikulum berbasis Keterampilan hidup berfokus pada sikap, nilai-nilai, dan perubahan perilaku, bukannya berusaha untuk menyediakan peserta didik yang dapat menyelesaikan konflik dan membuat keputusan. Demikian pula, pendidikan perdamaian berusaha untuk mengajarkan siswa tentang bagaimana mencegah dan menyelesaikan konflik secara damai dalam pengaturan intrapersonal, interpersonal, antar kelompok, nasional atau internasional.

Evaluasi dan penilaian hasil belajar dari sudut pandang kualitas sangat penting untuk memperkuat dan meningkatkan sistem pendidikan. Di Cina, misalnya, anak-anak terbukti memperoleh pemahaman memadai membaca, menulis dan matematika. Namun prestasi belajar mereka dalam keterampilan hidup secara signifikan kurang, yang menyebabkan rekomendasi bahwa "proses belajar-mengajar di Cina perlu lebih menekankan kemampuan memecahkan masalah dan kemampuan untuk menerapkan pengetahuan dalam berurusan dengan masalah kehidupan nyata.

Kualitas pendidikan kita masih rendah tetapi upaya yang telah dilakukan belum juga mencapai kualitas yang diharapkan. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, perlu adanya standar kualitas pendidikan yang dipahami secara bersama oleh stakeholder. Penelitian yang lakukan oleh Murniati dan Susi ini mencoba untuk menggali pandangan stakeholder tentang kualitas pendidikan dasar, upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan kualitas, kendala yang dihadapi dan harapan untuk pendidikan dasar berkualitas.

Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa semua stakeholder sepakat bahwa kualitas pendidikan dasar masih perlu ditingkatkan. Kualitas itu sendiri dapat dilihat dari outputnya yaitu peserta didik yang mampu mengembangkan pikiran, kreatifitasnya, dan kemandirian sebagai dasar untuk memasuki jejang pendidikan dan kehidupan lebih lanjut. Sehingga SD yang dianggap bermutu adalah jika proses pendidikan yang dilaksanakan, fasilitas yang tersedia, dan guru yang menjadi pelaksananya mampu menghasilkan lulusan seperti yang diharapkan.

Kenyataannya semua stakeholder sependapat bahwa kualitas guru masih kurang. Indikator lain tentang SD bermutu adalah SD yang mampu membangun kerjasama dengan orang tua murid. Karena Input dari sekolah salah satunya adalah orang tua, sehingga sekolah perlu membangun kerjasama dengan orangtua murid seperti yang dapat dilihat pada bagan berikut. 
Sumber : Black (1998)

Namun dalam usaha meningkatkan kualitas pendidikan itu masing-masing pihak melakukan upaya yang tidak terkoordinasi searah dengan tujuan bersama yang ingin dicapai sehingga kualitas pendidikan dasar dianggap masih belum tercapai. Kendala yang dihadapi para stakeholder terutama karena kebijakan yang bersifat parsial yang hanya menyentuh aspek tertentu saja, selain itu kebijakan yang terlalu sering berganti sebelum sempat dilaksanakan secara tuntas oleh para stakeholder di lapangan.

D.Rekomendasi

Hal ini dapat dilakukan di Indonesia antara lain dengan: (a) mengumumkan program daerah lebih awal, memberikan dana alokasi khusus pendidikan kepada pemerintah daerah, mengurangi ketimpangan dalam pendanaan; (b) persiapan tenaga pengajar yang lebih baik dalam mengelola sekolah, mendesain dan mengimplementasikan dana hibah untuk sekolah yang berasal dari anggaran pemerintah daerah, mengelola uang sekolah, menciptakan hibah pro-orang miskin yang didasarkan pada inisiatif sekolah dan masyarakat ; (c) memperkenalkan sistem akreditasi yang transparan, menempatkan dan mempromosikan guru berdasarkan kualitas, adanya program pengembangan karir bagi guru dan kepala sekolah; (d) meningkatkan kualitas pengajaran melalui reformasi jenjang guru.

Daftar Pustaka

Marszalek, et all, 2010. Distortion or Clarification: Defining Highly Qualified Teachers and the Relationship between Certification and Achievement. Eppa, Volume 18 Number 27 10h of November 2010

Black, S. E.,Measuring the Value of Better Schools. FRBNY ECONOMIC POLICY REVIEW / MARCH 1998




Posting Komentar untuk "Pendidikan Dasar Berkualitas: Potensi Untuk Mengubah Masyarakat dalam Satu Generasi "