Tentang Belajar dan Prestasi Belajar

Tentang Belajar dan Prestasi Belajar. Menurut Poerwadarminta (2003:121) menyatakan bahwa”Belajar adalah berusaha (berlatih) supaya mendapat suatu kepandaian”. Dalam hal ini kepandaian bisa ditunjukkan dengan prestasi yang memuaskan dari usaha yang diraihnya sendiri.

Menurut Djamarah (2002:13): “Belajar adalah serangkaian kegiatan jiwa dan raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungan yang menyangkut kognitif, afektif dan psikomotor.”

Dari beberapa pendapat tentang belajar di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa belajar adalah suatu aktivitas yang menghasilkan suatu perubahan, baik itu aktual (tampak dalam tingkah laku) maupun perubahan potensial (terwujud dalam pikiran atau pola pikir). Menurut Djamarah (2002:15-17) jika hakekat belajar adalah perubahan tingkah laku, maka ada beberapa perubahan tertentu yang dimasukkan kedalam ciri-ciri belajar yaitu:

a. Perubahan yang terjadi secara sadar

Ini berarti yang belajar akan menyadari terjadinya perubahan itu atau sekurang-kurangnya individu merasakan telah terjadi adanya suatu perubahan dalam dirinya.

b. Perubahan dalam belajar bersifat fungsional

Sebagai hasil belajar, perubahan yang terjadi dalam diri individu berlangsung terus menerus dan tidak statis.Suatu perubahan yang terjadi akan mengakibatkan perubahan seterusnya dan akan berguna bagi kehidupan atau pun proses belajar berikutnya.

c. Perubahan dalam belajar bersifat positif dan aktif

Perubahan- perubahan itu selalu bertambah dan tertuju untuk memperoleh suatu yang lebih baik dari yang sebelumnya. Dengan demikian, semakin banyak usaha belajar itu dilakukan, makin banyak dan makin baik perubahan yang diperoleh. Perubahan yang bersifat aktif artinya bahwa perubahan itu tidak terjadi dengan sendirinya, melainkan karena usaha individu sendiri

d. Perubahan dalam belajar bukan bersifat sementara

Perubahan yang bersifat sementara yang terjadinya untuk beberapa saat saja, perubahan yang terjadi karena proses belajar bersifat menetap atau permanent. Ini berarti bahwa tingkah laku yang terjadi setelah belajar akan bersifat menetap

e. Perubahan dalam belajar bertujuan atau terarah

Ini berarti perubahan tingkah laku itu terjadi karena adanya tujuan yang ingin dicapai. Perubahan belajar yang benar terarah pada perubahan tingkah laku yang benar-benar disadari.

f. Perubahan mencakup seluruh aspek tingkah laku

Jika seseorang belajar sesuatu, sebagai hasilnya ia akan mengalami perubahan tingkah laku secara menyeluruh dalam sikap kebiasaan, keterampilan, dsb.

Belajar merupakan suatu proses panjang dari lahir hingga akhir hayat. Belajar dapat diperoleh melalui pendidikan formal maupun non formal, yaitu pendidikan dari keluarga dan lingkungannya sampai pendidikan sekolah yang mempunyai tujuan untuk merubah tingkah laku, sikap, keterampilan, kebiasaan serta perubahan lain seseorang kearah yang lebih baik.

Menurut pendapat Tirtonegoro (2001:43) “Prestasi belajar adalah hasil dari pengukuran serta penilaian usaha belajar yang dinyatakandalam bentuk angka, huruf, maupun kalimat yang dapat mencerminkan hasil yang sudah dicapai oleh setiap anak dalam piriode tertentu”. Sedangkan menurut Sukmadinata (2003 : 101) “Prestasi belajar adalah realisasi atau pemekaran dari kecakapan-kecakapan potensial atau kapasitas yang dimiliki seseorang”.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tentang Belajar dan Prestasi Belajar "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel