Karakteristik Penelitian

Karakteristik penelitian - Sebagai kegiatan ilmiah penelitian pendidikan memiliki kharakteristik kerja ilmiah. Produk kerja ilmiah ini disebut karya ilmiah, sedang kharakteristik kerja ilmiah itu ialah, (1) bertujuan, (2) sistematik, (3) terkendali, (4) objektif, (5) tahan uji (verifiable).

Bertujuan artinya setiap kegiatan penelitian harus diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu, yaitu untuk memecahkan permasalahan tertentu. Atau hasil penelitian tersebut dapat memberikan penjelasan terhadap pertanyaan penelitian sebagai landasan keputusan serta tindak pemecahan masalah. Sistematik artinya dalam melaksanakan penelitian memiliki langkah-langkah kerja secara terencana, teratur, urut, sistematik, bukan asal-asalan. Langkah-langkah kerja metodologik yang digunakan menentukan kualitas penelitian, oleh karena itu pelaksanaan penelitian menghendaki perencanaan yang baik. Penelitian dilaksanakan secara terkendali artinya dalam batas-batas tertentu peneliti harus membatasi, memisahkan fenomena pokok dan yang mengganggu, memilih data yang relevan dan membuang data yang tidak relevan, mengidentifikasi data yang diperlukan dan membuang data yang tidak dibutuhkan. Penelitian harus dilakukan secara objektif artinya data yang masuk, kesimpulan yang diambil, hasil yang diperoleh terlepas dari unsur subjektivitas, terlepas dari tekanan pihak lain. Penelitian harus tahan uji artinya kesimpulan yang diambil harus didasari data yang valid, telaah teori yang solid, metode yang benar, siapapun dapat melakukan recek kebenarannya.

Sugiyono (2008:3) memberikan istilah penelitian adalah cara kerja ilmiah yang meliputi rasional, empirik dan sistematik. Rasional artinya kegiatan dalam penelitian dilakukan dengan cara-cara yang masuk akal, emprik berati cara yaang dilakukan dapat diamati oleh indera sehingga orang lain dapat mengamati dan mengetahui cara-cara yang dilakukan bahkan ia dapat melakukan ricek. Sistematik artinya proses penelitian menggunakan langkah-langkah kerja teratur, terencana dan logis. Pendapat lain dikemukakan oleh Sukardi (2008:6) yang menyebutkan kharakteristik penelitian meliputi: (a) memilki tujuan, (b) melakukan pengumpulan data, (c) Kegiatan terencana dan sistematik, (d) menggunakan analisis logis, (e) melakukan pengembangan teori, (f) melakukan observasi, (g) melakukan pencatatan gejala dan kontrol, (h) menggunakan cvalidasi instrumen, (i) melakukan pelaporan.

Sumber : Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd. 2011.Penelitian Pendidikan. Solo: Qinant

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Karakteristik Penelitian"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel