Makna Penelitian Pendidikan

Makna Penelitian Pendidikan - Orang sering mengkaitkan penelitian dengan kata metode, sehingga dikenal dengan metode penelitian, bahkan banyak digunakan juga kata metodologi penelitian. Istilah-istilah ini banyak juga digunakan desain penelitian atau rancangan penelitian, yang biasanya berisi subjek dan objek penelitian, teknik pengumpulan data dan teknik analisis. Metode penelitian dari kata metode dan penelitian. 
Metode adalah cara mendapatkan data secara ilmiah untuk mencapai tujuan tertentu. Penelitian semula berasal dari bahasa asing research yang artinya rangkaian kerja ilmiah untuk memecahkan masalah, sehingga secara umum metode penelitian adalah cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Sudjana ( 1999:5), Azwar. Sy. (1997:2) mendefinisikan penelitiaan adalah kegiatan ilmiah (cara ilmiah), rangkaian kerja ilmiah untuk memecahkan suatu permasalahan. Jika cara kerja ilmiah ini diterapkan dalam lapangan pendidikan maka disebut penelitian pendidikan, sehingga penelitian pendidikan adalah suatu kegiatan ilmiah dengan cara mengumpulkan data, menganalisisnya untuk memecahkan masalah-masalah pendidikan.
Penelitian pendidikan adalah cara yang dipergunakan untuk mengembangkan bidang pendidikan. Tujuannya menemukan prinsip-prinsip umum, penafsiran tingkah laku murid yang hasilnya dipergunakan untuk menerangkan, meramalkan, dan mengendalikan kejadian dalam bidang pendidikan. Travers (1969) dalam Margono (2007:18) mengemukakan penelitian pendidikan merupakan suatu kegiatan yang diarahkan kepada pengembangan pengetahuan ilmiah tentang kejadian-kejadian pendidikan yang menarik. Tujuannya menemukan prinsip-prinsip umum, atau penafsiran tingkah laku yang dapat dipakai untuk menerangkan, meramalkan dan mengendalikan kejadian-kejadian dalam lingkup pendidikan.
Agar memperoleh gambaran komprehensif tentang penelitian diperlukan pemahaman beberapa kata kunci, yang kemudian dikenal dengan karakteristik penelitian

Sumber : Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd. 2011.Penelitian Pendidikan. Solo: Qinant 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Makna Penelitian Pendidikan "

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...