Penelitian dan Karya Ilmiah

Penelitian dan Karya Ilmiah - Penelitian adalah kegiatan ilmiah. Sebagai kegiatan ilmiah hasil penelitian sering disebut karya ilmiah. Karya ilmiah sebagai produk kerja ilmiah relevan dengan makna etimologik, dimana karya ilmiah terdiri dari “karya dan ilmiah”. Karya artinya kerja, ilmiah artinya bersifat ilmu. Ilmu adalah pengetahuan yang telah teruji kebenarannya melalui metode ilmiah. Jadi karya ilmiah adalah hasil pemikiran manusia atau produk manusia yang sudah teruji kebenarannya. Artinya setiap karya ilmiah pasti memiliki kebenaran ilmiah yakni kebenaran yang didasarkan atas rasio dan empiri. 
Kebenaran rasio adalah kebenaran menurut logika, nalar, akal sehat. Kebenaran empiri adalah kebenaran yang didukung data di lapangan. Penelitian ilmiah biasanya dilakukan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan menguji kebenaran ilmu. Oleh karena itu karya ilmiah dan penelitian tidak dapat dipisahkan. Karya ilmiah yang disusun berdasar penelitian mengandung kebenaran ilmiah.

Menurut Nana Sudjana (1999:9) cara ilmiah itu disebut metode logiko-hipotetiko-verifikatif. Logiko artinya dilakukan dengan cara berfikir logis (rasional) yang menghasilkan hipotesis (logiko hipotetiko), kemudian kebenaran hipotesis tersebut akan mengalami pengujian secara empirik. Kebenaran empiri adalah kebenaran yang didukung data, artinya kebenarannya dilakukan dengan pengumpulan data, analisis data yang relevan, dan penarikan kesimpulan. Jika hipotesis tersebut didukung fakta empiris maka dinyatakan sebagai hipotesis yang definitif. Cara berfikir demikian akan menghasilkan pengetahuan yang bersifat ilmiah, sehingga penelitian ilmiah berkaitan erat dengan berfikir ilmiah.
Sumber: Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd. 2011.Penelitian Pendidikan. Solo: Qinant

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to " Penelitian dan Karya Ilmiah "

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...