Apakah yang dimaksudkan dengan Karya Ilmiah dan Jenis-Jenisnya

Apakah yang dimaksudkan dengan Karya Ilmiah dan Jenis-Jenisnya – Ketika seseorang memasuki dunia perguruan tinggi (PT) atau dunia akademis, istilah karya ilmiah pasti akan sering didengar dan akrab di telinga. Bukan hanya di PT secara umum, karya ilmiah dengan dunia pendidikan dan juga merupakan keluaran sebuah penelitian. Karya ilmiah yang diterbitkan merupakan hasil dari penelitian yang dilakukan oleh lembaga penelitian ataupun lembaga pendidikan. Selain itu, mahasiswa terutama yang akan menyelesaikan studi, pasti telah melewati serangkaian proses termasuk termasuk tugas akhir membuat karya ilmiah.

Lalu, apa yang dimaksudkan dengan karya Ilmiah ? Berikut adalah Pengertian Karya Ilmiah menurut Para Ahli. Karya ilmiah merupakan karangan ilmu pengetahuan yang menampilkan fakta dan dibuat dengan menggunakan metodologi penulisan yang baik dan benar (Brotowodjoyo). Karya ilmiah juga diartikan sebagai suatu tulisan ataupun karangan yang didapatkan sesuai dengan sifat keilmuannya dan didasari dari berbagai hasil pengamatan, penelitian, dan peninjauan terhadap bidang ilmu tertentu, yang disusun dengan menggunakan metode tertentu dengan memperhatikan sistematika penulisan yang baik dan santun, serta dapat dipertanggungjawabkan keilmiahannya (Eko Susilo M).

Selanjutnya, menurut Jones, karya ilmiah merupakan karangan ilmiah yang ditujukan untuk masyarakat tertentu ataupun profesional yang biasanya bersifat karya ilmiah tinggi. Sedangkan menurut Hery Firman, karya ilmiah merupakan laporan berupa tulisan yang dipublikasikan ataupun dipaparkan dari hasil pengkajian ataupun penelitian yang telah dilakukan, yang dalam penulisannya memperhatikan kaidah dan etika keilmuan yang berlaku di masyarakat keilmuan.

Definisi Karya Ilmiah juga diungkapkan oleh Totok Djuroto & Bambang Supriyadi. Mereka menyatakan bahwa karya ilmiah adalah serangkaian kegiatan penulisan yang berlandaskan pada hasil penelitian yang disusun secara sistematis mengikuti metodologi ilmiah, yang bertujuan untuk mendapatkan jawaban ilmiah dari suatu permasalahan.

Banyak model atau jenis karya ilmiah yang dikenal dalam dunia akademis. Beberapa jenis karya ilmiah yang paling banyak dijumpai dan dihasilkan atau dibuat oleh sarjana S1 misalnya makalah, artikel, dan Skripsi. Makalah merupakan karya ilmiah yang menyajikan sebuah masalah yang penyelesaianya mengandalkan berbagai macam data yang ada di lapangan. Karya ilmiah ini bersifat empiris dan juga objektif. Dalam penyajiannya, makalah biasanya dipresentasikan dalam sebuah kegiatan seminar. Artikel merupakan karya ilmiah yang memuat pendapat subjektif pembuatnya mengenai sebuah peristiwa ataupun masalah tertentu, sedangkan jika dipandang dari sudut pandang ilmiah, artikel dapat diartikan sebagai karya tulis yang sengaja dirancang untuk dimuat dalam jurnal ataupun kumpulan artikel yang dibuat dengan memperhatikan kaidah penulisan ilmiah dan mengikuti pedoman ilmiah yang berlaku. Skripsi merupakan karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa untuk bisa mendapatkan gelar sarjana (S1). Skripsi memuat tulisan berisi pendapat penulis dengan mengacu ataupun berdasarkan teori yang telah diterbitkan sebelumnya.

Secara umum, karya ilmiah merupakan hasil dari kegiatan yang didasarkan pada metode ilmiah. Karya ini merupakan hasil dari dilaksanakannya metode ilmiah. Metode ilmiah merupakan serangkaian proses yang dilaksanakan untuk menghasilkan apa yang disebut ilmu.
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Apakah yang dimaksudkan dengan Karya Ilmiah dan Jenis-Jenisnya"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel