Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mata Kuliah Desain Pembelajaran Matematika II

Mata Kuliah Desain Pembelajaran Matematika II - Mata kuliah Pendidikan Matematika II merupakan mata kuliah wajib bagi setiap mahasiswa S1 PGSD. Pada mata kuliah ini mahasiswa dituntut untuk menguasai berbagai kemampuan dan keterampilan mengajarkan materi‐materi pelajaran matematika sekolah dasar, yang berhubungan dengan: Bangun datar (titik, garis, bidang, sudut, kurva, segibanyak, lingkaran, simetri, pengubinan, dan bidang koordinat), Bangun ruang (bidang banyak, bangun tiga dimensi berpermukaan lengkung), pecahan, perbandingan, persen, desimal, skala, bilangan rasional dan bilangan irrasional (konsep, operasi hitung, dan sifat‐sifatnya), pengukuran (panjang, keliling, luas, volume, berat, kapasitas, dan sudut), dan pengelolaan data (jenis, mendapatkan, mengolah, menyajikan data, ukuran gejala pusat, dan dispersi).

Setelah mengikuti perkuliahan Pendidikan Matematika II, mahasiswa mampu:

1. Menguasai materi‐materi pembelajaran matematika SD, yang berhubungan dengan bangunbangun datar dan ruang, pecahan, perbandingan, persen, desimal, skala, bilangan rasional, bilangan irrasional, pengukuran, dan pengelolaan data.

2. Terampil mengajarkan materi‐materi pembelajaran matematika SD, yang berhubungan dengan bangun‐bangun datar dan ruang, pecahan, perbandingan, persen, desimal, skala, bilangan rasional, bilangan irrasional, pengukuran, dan pengelolaan data.

3. Terampil melakukan penilaian materi‐materi pembelajaran matematika SD, yang berhubungan dengan bangun‐bangun datar dan ruang, pecahan, perbandingan, persen, desimal, skala, bilangan rasional, bilangan irrasional, pengukuran, dan pengelolaan data.

4. Terampil membuat alat peraga materi‐materi pembelajaran matematika SD, yang berhubungan dengan bangun‐bangun datar dan ruang, pecahan, perbandingan, persen, desimal, skala, bilangan rasional, bilangan irrasional, pengukuran, dan pengelolaan data.
Materi Mata Kuliah :

1. Bangun datar (titik, garis, bidang, sudut, dan segibanyak, lingkaran, simetri, pengubinan, dan bidang koordinat)
2. Bangun ruang (bidang banyak, bangun tiga dimensi berpermukaan lengkung)
3. Pecahan, perbandingan, persen, desimal, skala,
4. Bilangan rasional dan bilangan irrasional,
5. Pengukuran (panjang, keliling, luas, volum, berat, kapasitas, dan sudut)
6. Pengelolaan data (mendapatkan, mengolah, menyajikan data, ukuran gejala pusat, dan dispersi).

Posting Komentar untuk "Mata Kuliah Desain Pembelajaran Matematika II"