Cara Mengenali Gejala- Gejala Anak yang Mengalami Kesulitan Belajar

Cara Mengenali Gejala- Gejala Anak yang Mengalami Kesulitan Belajar - Semua orang tua di manapun menginginkan anaknya sukses di sekolah dan memiliki prestasi belajar yang baik. Demikian pun guru, guru dimanapun juga memiliki mimpi agar anak didiknya memiliki prestasi belajar yang baik. Namun kadang, harapan-harapan tersebut urung menjadi kenyataan karena anak-anak ternyata mengalami kesulitan dalam belajarnya.

Menurut Sudrajat (2009) kesulitan belajar dapat di manifestasikan dalam perilakunya, baik aspek psikomotorik, kognitif, konatif maupun afektif. Oleh karenanya orangtua dan guru perlu mengenal berbagai perilaku yang merupakan manifestasi gejala atau ciri anak mengalami kesulitan kesulitan dalam belajar.

Berikut ini adalah berbagai ciri atau perilaku anak yang mengalami kesulitan belajar:
  1. Anak menunjukkan hasil belajar yang rendah di bawah rata-rata nilai yang di capai oleh kelompoknya atau di bawah potensi yang di milikinya.
  2. Hasil yang di capai tidak seimbang dengan usaha yang telah dilakukan.
  3. Lambat dalam melakukan tugas-tugas kegiatan belajarnya dan selalu tertinggal dari kawan-kawannya dari waktu yang di sediakan.
  4. Menunjukkan sikap-sikap yang tidak wajar, seperti: acuh tak acuh, menentang, berpura-pura, dusta dan sebagainya.
  5. Menunjukkan perillaku yang berkelainan, seperti membolos, datang terlambat, tidak mengerjakan pekerjaan rumah, mengganggu di dalam atau pun di luar kelas, tidak mau mencata pelajaran, tidak teratur dalam kegiatan belajar, dan sebabainya.
  6. Menunjukkan gejala emosionalyang kurang wajar, seperti: pemurung, mudah tersinggung, pemarah, tidak atau kurang gembira dalam menghadapi situasi tertentu. Misalnya dalam menghadapi nilai rendah, tidak menunjukkan perasaan sedih atau menyesal, dan sebagainya.

Dengan mengenali perilaku tersebut di atas, para guru dan orangtua dapat mencari jalan keluar terbaik untuk mengatasi berbagai kesulitan yang dialami anak baik di rumah maupun di sekolah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengenali Gejala- Gejala Anak yang Mengalami Kesulitan Belajar "

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...