Cara Registrasi Ke Scince and Technology Index (SINTA)

Cara Registrasi Ke Scince and Technology Index (SINTA) – SINTA merupakan sistem pengindeks khusus karya ilmiah dosen dosen di Indonesia yang mulai diberlakukan oleh Kemenristekdikti. Karya Ilmiah dosen yang telah terindeks google Scholar, Indonesian Publication Index (IPI), Inasti, dan Scopus otomatis akan diindeks oleh SINTA karena dalam pengisian profile SINTA juga diminta untuk mengisi Identitas atau ID dari indexer-indexer tersebut.

Bagi dosen yang namanya telah resmi tercantum dalam Forlap Dikti, SINTA secara otomatis membaca data-data Nama, NIDN, Afiliasi tersebut sehingga dosen tinggal memilih nama dan data diri lain yang sesuai.

Untuk melakukan pendaftaran ke SINTA, caranya cukup mudah dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1. Arahkan browser ke http://sinta1.ristekdikti.go.id/?ref=home akan muncul halaman sebagai berikut: 

2. Masuk ke menu registrasi dengan klik link REGISTRATION yang terletak pada pojok kanan atas.
3. Selanjutnya akan diminta untuk memilih Lecturer atau Researcher, memasukan Affiliation (Tempat kerja atau hombase dosen) dan nama. 

4. Ketika mengisi afiliasi, pastikan muncul nama kampus dan tinggal memilih nama kampus yang sesuai. Untuk mengisi ID Google Scholar, Inasti, IPI, Scopus dosen harus memiliki profile dari indexer-indexer tersebut. Jika telah memiliki ID indexer-indexer tersebut, tinggal mengarahkan kursor pada tanda tanya yang ada di sebelah kanannya. Karena saya hanya memiliki karya ilmiah yang diindex Google Scholar dan IPI maka cukup mengisinya dengan ID indexer tersebut.
Bagi yang belum memiliki Profil Google Scholar baca cara membuatnya di : Tentang Profil Google Scholar Untuk Dosen dan Peneliti. 
Setelah membuat Profile Google Scholar cara melihat Idnya adalah dengan login ke google scholar, ID Google Scholar berada di antara user= dan &hl. Foto yang muncul di Sinta nantinya diambil dari Foto di Google Scholar jadi jangan lupa memasukan Foto di Profile Google Scholar.

5. Jika sudah lengkap mengisi kolom-kolom pada New Author Registration di atas maka langkah selanjutnya adalah tinggal menekan tombol Register. 

6. Setelah itu, sistem akan diminta untuk memverivikasi lewat tautan yang dikirim ke email masing-masing. Setelah diverifkasi, maka proses registrasi sudah selesai dan di pojok kanan atas terdapat author satus verifed.
Setelah status profile SINTA terverivikasi maka kita dapat melihat publikasi yang terindeks oleh indexer indexer yang terbaca SINTA.  



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Registrasi Ke Scince and Technology Index (SINTA)"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...