Tentang Cara Sederhana Pembulatan Bilangan

Tentang Cara Sederhana Pembulatan Bilangan – Dalam pengalaman sehari-hari, kadang-kadang seseorang dihadapkan pada situasi perhitungan statistik yang menghendaki adanya pembulatan atau penyederhanaan sebuah bilangan. Untuk keperluan perhitungan, analisis atau laporan, sering dikehendaki pencatatan data kuantitatif dalam bentuk yang lebih sederhana. Keadaan ini menuntut bilangan-bilangan perlu disederhanakan atau dibulatkan.  Sudjana (2002) mengemukakan 3 aturan dalam pembulatan angka, yaitu:

Aturan 1

Jika angka terkiri dari yang harus dihilangkan 4 atau kurang, maka angka terkanan dari yang mendahuluinya tidak berubah. Contohnya adalah jika Rp 59.376.402,96 dibulatkan hingga jutaan rupiah menjadi Rp59 juta. Angka yang harus dihilangkan ialah mulai dari 3 ke kanan dan ini merupakan angka terkiri. Angka terkanan dari yang mendahului 3, ialah 9, harus tetap.
Aturan 2

Jika angka terkiri dari yang harus dihilangkan lebih dari 5 atau 5 diikuti oleh angka bukan nol, maka angka terkanan dari yang mendahuluinya bertambah dengan satu. Contohnya adalah 6.948 kg, dibulatkan hingga ribuan akan menjadi 7 ribu kg.Contoh lain misalnya, Rp 176,51 dibulatkan hingga satuan rupiah menjadi Rp 177,00. Angka-angka yang harus dihilangkan adalah 51 dengan angka terkiri 5 yang diikuti angka 1 (bukan nol). Karenanya, angka 6 yang mendahului 5 harus ditambah dengan satu.

Aturan 3

Jika angka terkiri dari yang harus dihilangkan hanya angka 5 atau 5 yang diikuti oleh angka-angka nol belaka, maka angka terkanan dari yang mendahuluinya tetap jika ia genap, tambah satu jika ia ganjil. Misalnya bilangan 8,5 dibulatkan hingga satuan menjadi 8 atau bilangan 19,5 dibulatkan hingga satuan menjadi 20. Aturan ketiga ini disebut aturan genap terdekat yang diambil untuk membuat keseimbangan antara pembulatan ke atas dan pembulatan ke bawah, jika yang harus dihilangkan itu terdiri atas angka 5 atau 5 diikuti oleh hanya angka-angka nol.


loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tentang Cara Sederhana Pembulatan Bilangan"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel