Makna Hari Kebangkitan Nasional dan Merajut Kebhinekaan

Makna Hari Kebangkitan Nasional dan Merajut Kebhinekaan- Hari ini tanggal 20 Mei 2017 kita merayakan hari besar nasional yaitu Hari Kebangkitan Nasional (HKN). Hari Kebangkitan nasional diperingati setiap tahun untuk mengenang pendahulu bangsa yang bersatu padu bangkit untuk melepaskan diri dari belenggu penjajahan. Pada hari ini kita juga pantas mengenang sebuah organisasi yang dibentuk sebagai simbol pembakar semangat Nasionalisme. Budi Utomo merupakan sebuah organisasi yang lahir pada Tahun 1908 jauh sebelum Indonesia merdeka.

Era kebangkitan nasional kala itu berhasil membentuk rasa nasionalisme bangsa dan nasionalisme inilah yang membawa bangsa Indonesia merdeka dengan diproklamirkannya kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus Tahun 1945. Kemerdekaan yang diperoleh oleh bangsa Indonesia diperjuangkan oleh semua anak bangsa kala itu tanpa mempermasalahkan suku, agama, dan golongan. Semua elemen bangsa saling mengajak, bersatu untuk melawan penjajahan. Biar mereka berbeda tetapi mereka bersatu untuk berjuang bersama yang hasilnya adalah NKRI yang kita miliki saat ini.

Kenyataan saat ini menuntut kita untuk merefleksi diri terkait rasa nasionalisme kita. Perjuangan membangun bangsa saat ini seakan telah membawa sebagian orang untuk lebih terkotak-kotak dan memperjuangkan kepentingan kelompok masing-masing. Pertanyaannya, masih adakah komitmen untuk NKRI yang berbhineka ini ? Masih adakah semboyan “ Bhineka Tunggal Ika” dalam diri kita masing-masing?

Di momen Hari Kebangkitan Nasional ini, semua elemen bangsa hendaknya memperbaharui komitmen kebangsaan dalam bingkai NKRI, karena NKRI dan Kebhinekaan tidak perlu diperdebatkan lagi. Yang perlu diperdebatkan adalah bagaimana kita bangkit untuk membangun Indonesia untuk mewujudkan cita-cita pendahulu bangsa. Selamat Hari Kebangkitan Nasional 2017

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Makna Hari Kebangkitan Nasional dan Merajut Kebhinekaan"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...