Sekilas Tentang EndNote

Sekilas Tentang EndNote - EndNote adalah program yang digunakan untuk mempermudah penulisan sebuah karya ilmiah terutama membantu penulis dalam membuat kutipan atau sitasi pada teks dan membuat daftar rujukan otomatis. Program berbayar ini merupakan buatan Thomson Reuters. Program ini dapat digunakan untuk mencari artikel pada database karya ilmiah seluruh dunia yang diterbitkan secara online dan diindeks oleh Google Scholar, Scopus, dan sejenisnya. Jika program ini diinstal maka akan menjadi add in program pengolah kata Microsoft Word sehingga sangat membantu penulis, mengingat pentingnya kutipan dan rujukan dalam penulisan artikel artikel ilmiah.
Software ini juga dapat mengatur bentuk kutipan dan melakukan sinkronisasi dengan daftar rujukannya. Misalnya, jika kutipan menggunakan format nomor, maka penomoran pada daftar rujukannya berurut sesuai dengan urutan munculnya kutipan pada teks. Format ini dengan mudah diganti dengan format lain, misalnya nama-tahun. Urutan dalam Daftar rujukan akan berubah menjadi berurut secara abjad nama akhir penulis. Selanjutnya kita membuat EndNote Library yang berfungsi sebagai database yang menghimpun seluruh sumber rujukan dan sumber bacaan kita. Untuk memasukkan sumber rujukan/bacaan dapat dilakukan secara manual dengan memasukkan satu per satu rujukan/bacaan kita, atau dapat dengan menyisipkan secara otomatis dengan menekan tombol “cite” atau “kutip” pada file rujukan yang akan kita sisipkan ke dalam EndNote library.

Beberapa e-book, jurnal atau artikel online banyak yang memberikan fasilitas berupa tombol “cite” atau “kutip” sehingga kita bisa mengimpor atau menyisipkannya langsung pada EndNote library kita. Selain itu, di mesin pencari tulisan (e-book, jurnal atau artikel) seperti Scopus atau Google Scholar (Google Cendekia) juga sudah tersedia tombol “cite” atau “kutip” ini. Dalam EndNote library juga dapat disisipkan pdf file dari e-book, jurnal atau artikel yang kita rujuk. Hal ini sangat bermanfaat bagi kita, karena kita akan lebih mudah dan cepat mencari file yang kita butuhkan untuk membuat tulisan.

Setelah EndNote Library dibuat dan terisi berbagai sumber rujukan, kita dapat memilih tulisan yang menjadi rujukan dan menyisipkannya dalam tulisan kita, dan secara otomatis nantinya akan muncul sumber pustaka tersebut dalam daftar pustaka kita.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sekilas Tentang EndNote"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...