Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas itu Mudah

Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas itu Mudah - Pada beberapa kesempatan bertemu para guru, banyak pertanyaan yang terlontar mengenai penelitian tindakan kelas (PTK). Salah satu pertanyaan yang kadang sulit dijawab adalah pertanyaan seperti ini:” Apakah melaksanakan PTK itu rumit ? Untuk menjawab pertanyaan seperti ini tentu saja susah-susah gampang, tergantung siapa yang bertanya, dan kapan orang itu bertanya.

Bagi orang yang belum pernah melakukan atau sekedar mencoba atau bahkan belum sama sekali bersentuhan dengan istilah ini, pertanyaan ini tentu tidak mudah dijawab. Sedangkan bagi yang sudah mencoba dan memperoleh masalah dalam penelitiannya, maka pertanyaan ini tentu mudah kita jawab. Segala sesuatu akan dikatakan rumit jika kita belum mencoba, apalagi belum membayangkan dan memikirkannya. 
Secara umum, melaklasanakan PTK tidaklah sesulit yang dipikirkan asalkan dalam pelaksanaannya mematuhi langkah-langkah melaksanakan PTK dengan sebaik-baiknya. Selain mematuhi langkah-langkah PTK dengan baik, PTK akan mudah jika peneliti konsisten dengan sesuatu yang akan diperbaiki dan memperhatikan variabel variabel prosesnya.

Dari sisi teknis, ruang lingkup, subyek penelitian dan analisis data sangat sederhana dibandingkan dengan jenis penelitian yang lain dan prosesnya (Pelaksanaan Pembelajaran) merupakan aktivitas yang biasa dilakukan sehari-hari namun sedikit berbeda dari sisi tindakan sesuai dengan tujuan dilaksanakannya PTK tersebut.

Yang banyak dikeluhkan terkait susahnya melaksanakan PTK adalah dari sisi non teknis misalnya motivasi guru melaksanakan PTK, masalah kerjasama guru, dukungan sekolah, sarana prasarana dan lain-lain. Masalah tak terduga yang muncul ketika sedang melaksanakan PTK juga dapat menghambat pelaksanaan PTK.
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas itu Mudah"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel