Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pertanyaan dan Jawaban Terkait Penelitian Tindakan Kelas (2)

 Pertanyaan dan Jawaban Terkait Penelitian Tindakan Kelas (2)
1. Jelaskan secara singkat unsur-unsur dari proposal PTK.

Unsur-unsur/komponen-komponen yang ada pada proposal PTK adalah sebagai berikut.

a. Judul penelitian hendaknya ditulis singkat dan spesifik. Hal utama yang harus tercermin dalam judul adalah gambaran dari permasalahan dan bentuk tindakan yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan.

b. Latar belakang masalah

Pada bagian ini peneliti mengemukakan kondisi yang seharusnya atau yang diinginkan dan kondisi yang ada saat ini, sehingga terlihat adanya kesenjangan dan merupakan masalah yang menuntut dicarikan jalan keluar melalui PTK.

c. Rumusan masalah

Bagian ini umumnya berisi rincian tentang masalah dan cara memecahkannya.

Rumusan masalah sebaiknya menggunakan kalimat tanya dengan mengajukan alternatif tindakan yang akan dilakukan.

d. Tujuan penelitian

Pada bagian ini dikemukakan secara singkat tentang tujuan penelitian yang ingin dicapai berdasar permasalahan yang dikemukakan dan dirumuskan dalam bentuk pernyataan. Tujuan penelitian harus terjawab dalam kesimpulan hasil penelitian.

e. Manfaat hasil penelitian

Diuraikan kegunanaan atau sumbangan yang diperoleh dari hasil penelitian sehingga tampak manfaatnya bagi peserta didik, guru pelaksana penelitian, maupun guru lain, dan sekolah. Dikemukakan pula inovasi yang diperoleh dari hasil penelitian.

f. Kajian pustaka. Pada bagian ini diuraikan dengan jelas teori dan pustaka yang mendukung atau menumbuhkan gagasan yang melandasi usulan rancangan tindakan. Dengan dilakukannya tindakan akan terjadi perubahan, perbaikan atau peningkatan. Uraian ini akan digunakan untuk menyusun kerangka pikir atau konsep yang akan digunakan dalam penelitian.

g. Metodologi penelitian

Pada bagian ini dicantumkan semua hal yang berkenaan dengan prosedur dan tata cara dalam PTK. Uraikan secara jelas prosedur penelitian yang akan dilakukan, subyek, waktu dan lamanya tindakan, serta lokasi penelitian. Prosedur penelitian meliputi penyusunan rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan, dan refleksi yang semuanya terangkai dalam siklus. Tidak kalah pentingnya juga mencantumkan cara pengumpulan data dan tehnik analisisnya.

h. Jadwal penelitian

Berisi penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan, waktu dimulainya pelaksanaan kegiatan sampai akhir pembuatan laporan.

i. Personalia penelitian

Berisi nama-nama yang melaksanakan penelitian dan kedudukannya dalam tim.

j. Anggaran biaya

Bila dana harus dipertanggungjawabkan maka pada bagian ini dicantumkan anggaran biaya dalam penelitian.

Untuk mendapatkan pengertian dan pemahaman lebih lanjut mengenai pertanyaan di atas silahkan mengunduh Buku Penelitian Tindakan Kelas

2. Perlukah proposal diseminarkan? Di mana sebaiknya?

Proposal sangat perlu diseminarkan, karena dari seminar tersebut peneliti akan mendapatkan saran-saran yang sangat bermanfaat untuk menyempurnakan proposal. Mengenai tempat dan banyaknya orang yang mengikuti seminar tidak ada ketentuan yang mengikat. Namun demikian apabila memungkinkan akan lebih baik bila dilaksanakan di forum KKG, agar pesertanya beragam dan banyak. Bagaimana bila tidak memungkinkan? Guru peneliti dapat seminar di sekolah dengan mengundang semua guru dan kepala sekolah di tambah beberapa guru dari sekolah lain yang terdekat.

Untuk mendapatkan pengertian dan pemahaman lebih lanjut mengenai pertanyaan di atas silahkan mengunduh Buku Penelitian Tindakan Kelas

3. Sebutkan unsur-unsur dari laporan PTK.

Bagian Awal

Sampul

Judul

Abstrak

Kata Pengantar

Daftar Isi

Daftar Tabel

Daftar Gambar

Daftar Lampiran

Bagian Inti

BAB I. PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

B. Masalah Penelitian

C. Tujuan Penelitian

D. Hipotesis Tindakan

E. Manfaat Penelitian

BAB II. KAJIAN PUSTAKA

BAB III. METODE PENELITIAN

A. Rancangan Penelitian

B. Subyek Penelitian

C. Instrumen Penelitian

D. Teknik Pengumpulan Data

E. Teknik Analisis Data

BAB IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

BAB V. PENUTUP

A. Kesimpulan

B. Saran

Bagian Akhir

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

Untuk mendapatkan pengertian dan pemahaman lebih lanjut mengenai pertanyaan di atas silahkan mengunduh Buku Penelitian Tindakan Kelas

Posting Komentar untuk "Pertanyaan dan Jawaban Terkait Penelitian Tindakan Kelas (2)"