Tentang Perlunya Kutipan dan Daftar Rujukan dalam Sebuah Karya Ilmiah

Tentang Perlunya Kutipan dan Daftar Rujukan dalam Sebuah Karya Ilmiah-Penyertaan rujukan sangat penting dalam sebuah penulisan karya Ilmiah. Rujukan yang terpercaya akan memberi nilai lebih pada sebuah tulisan lebih-lebih sebuah tulisan ilmiah. Menyertakan daftar rujukan pada sebuah tulisan ilmiah bukan hanya mengikuti petunjuk seperti yang sering disertakan dalam pedoman-pedoman penulisan karya ilmiah misalnya pedoman penulisan skripsi, tesis dan disertasi. Akan tetapi, penyertaan kutipan dan rujukan bertujuan memenuhi aspek hukum dan etika dimana pelanggaran hak cipta, plagiarisme dan sejenisnya merupakan bentuk pelangaran yang harus dihindari dalam dunia akademis.

Pada pedoman-pedoman penulisan karya ilmiah, pedoman perujukannya menggunakan sistem perujukan yang baku. Sistem perujukan yang telah baku dan telah digunakan di dunia internasional diantaranya Committee Council of Biology Editor (CBE), The University of Chicago Press, Turabian, Wilkinson, Harvard System dan APA Style. Secara umum dari beberapa sistem tersebut terbagi menjadi dua sistem merujuk, yaitu Sistem Harvard  yang banyak digunakan dalam penulisan di bidang ilmu biologi, fisika, sosial dan yang berhubungan dengan kemanusiaan; dan Sistem Vancouver yang banyak digunakan di bidang kedokteran.

Walaupun terdapat perbedaan cara merujuk, namun unsur-unsur rujukan pada dasarnya hampir sama, yaitu terdiri dari nama pengarang, judul karya tulis, jenis media, data publikasi (menyangkut tahun penerbitan, nama penerbit, kota). Namun yang terpenting dalam merujuk adalah harus memenuhi beberapa kaidah: (1) Setiap menggunakan pendapat oarang lain, sumber rujukan harus ditulis; (2) Rujukan harus ditampilkan di dua tempat, yaitu tempat di mana kutipan ditulis dan dalam daftar rujukan; (3) Rujukan selalu dilakukan dalam hal kita melakukan :
  1. Parafrase (paraphrse), yaitu menuliskan ide atau pendapat orang lain menggunakan susunan kata yang kita rangkai sendiri.
  2. Merangkum (summarise), yaitu mengemukakan ide atau pendapat orang lain dalam gambaran secara umum dengan kalimat sendiri.
  3. Copy, yaitu menggunakan diagram, tabel, angka-angka maupun gambar karya orang lain tanpa perubahan apapun.
  4. Quote, yaitu mengemukakan ide orang lain dengan kalimat aslinya.
Kemampuan untuk menulis daftar rujukan yang baik harus dimiliki oleh seorang penulis. Karena daftar rujukan yang baik sangat bermanfaat bagi penulis khususnya dan umumnya bagi pembaca. Daftar rujukan oleh pembaca dapat menjadi trigger untuk menelusuri lebih jauh terkait topik bahasan. Bagi penulis sendiri, penulisan rujukan  dapat terhindar dari masalah plagiarisme yang tidak sengaja dilakukan dan dapat lebih menunjukkan kredibilitas penulis itu sendiri.

Sumber rujukan dapat ditulis secara manual, namun memerlukan tentunya waktu yang lama dan tenaga yang ekstra untuk menyelesaikannya. Cara yang mudah, praktis, dan cepat adalah menggunakan software yang dapat membantu untuk menulis daftar rujukan dengan baik seperti software EndNote, Mendeley dan Zotero.


Endnote sendiri merupakan software berbayar versi Desktop namun tersedia versi Web di https://www.myendnoteweb.com. Mendeley, juga merupakan software yang dapat dipakai untuk mengolah data-data e-journal, e-book dan referensi lainnya. Mendeley dapat digunakan sebagai perpustakaan dengan kemampuan mengolah daftar pustaka dalam penyusunan karya tulis ilmiah. Tidak seperti EndNote versi Desktop, Mendeley adalah aplikasi yang disediakan gratis untuk mengelola kepustakaan dan berfungsi sebagai jejaring sosial akademik yang bermanfaat untuk mengelola kepustakaan, saling berbagi kepustakaan secara online, dan mencari kepustakaan terkini.   Mendeley versi Windows tersedia di http://www.mendeley.com/download-mendeley-desktop/windows/instructions/.

Zotero  merupakan add-ons browser Mozilla Firefox yang aktif ketika user menggunakan browser Mozilla Firefox dan dapat didowload dari http://www.zotero.org/, program Zotero untuk Firefox mempunyai plugin untuk Microsoft Word yang dapat diunduh. Program aplikasi Zotero juga memiliki aplikasi versi Desktop gratis. Untuk memakainya tentu saja program ini harus terinstal ke komputer user.

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tentang Perlunya Kutipan dan Daftar Rujukan dalam Sebuah Karya Ilmiah"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel