Pengenalan Awal Bilangan Cacah di Kelas Rendah Sekolah Dasar

Pengenalan Awal Bilangan Cacah di Kelas Rendah Sekolah Dasar - Topik bilangan merupakan Topik Bilangan merupakan salah satu pokok bahasan yang diajarkan dalam pelajaran matematika SD di kelas awal. Bilangan cacah adalah bilangan yang bersesuaian dengan banyaknya obyek dalam sebuah himpunan. Dengan kalimat lain, bilangan cacah merupakan bilangan yang menyatakan banyaknya anggota (kardinal) dari sebuah himpunan sehingga, bilangan cacah merupakan bilangan kardinal. Jika sebuah himpunan tidak memiliki anggota, maka banyaknya anggota pada himpunan tersebut adalah nol (0). Jika himpunan memiliki anggota, maka anggota dari himpunan adalah sebanyak 1, 2, 3, ... dan seterusnya.

Bilangan merupakan salah satu konsep matematika yang abstrak. Usaha guru untuk mengenalkan bilangan cacah di kelas awal sekolah dasar perlu dilakukan dengan hati-hati serta mempertimbangkan berbagai aspek.

Pembelajaran matematika SD kelas awal (kelas I, II, III) dimulai dari mengenal bilangan dan lambangnya dengan urutan: mengenal bilangan 1 s.d 5, mengenal bilangan 0(nol), mengenal bilangan 6 s.d 10, mengenal bilangan belasan 11 s.d 19, mengenal bilangan 20 s.d 99, dan mengenal bilangan 100 s.d 500. Pengenalan bilangan cacah 0 s.d 10 efektif jika digunakan obyek-obyek sehari-hari seperti misalnya gambar buah-buahan, gambar hewan, gambar alat-alat transportasi, dan lain-lain disesuaikan dengan taraf perkembangan berpikir peserta didik.

Contoh peragaan dengan menggunakan gambar himpunan obyek. Obyek-obyek yang digambarkan haruslah yang menarik dan yang penting adalah dikenal dekat oleh anak yang akan belajar. Peragaan bilangan cacah pada kelas awal sekolah dasar dapat dilakukan sebagai berikut:

Peragaan Secara Urut

Peragaan Secara Acak

Pembelajaran makna bilangan sebagai banyaknya obyek tertentu dalam sebuah kumpulan beserta lambangnya (dalam bentuk angka) dimulai dalam beberapa tahap.

Tahap I : Mengenal dan menulis bilangan 1 s.d 5 sebagai banyaknya obyek dalam sebuah kumpulan
Tahap II : Mengenal Bilangan 0 sebagai kumpulan obyek yang tak memiliki anggota 
Tahap III : Mengenal bilangan 11 sampai dengan 20 berdasarkan banyaknya satuan isi/obyek dari sebuah kumpulan.

Tahap IV: Mengenal bilangan cacah hingga 500.

Contoh penunjukan gambar angka-angka, pada mulanya secara urut dari bilangan terkecil,

Selanjutnya secara acak

Contoh peragaan dengan blok Dienes

Setelah siswa memiliki sense (naluri) tentang bilangan cacah sebagai perwujudan banyaknya obyek dalam sebuah kumpulan dan mampu menyebutkan namabilangan serta menuliskannya maka siswa perlu difasilitasi untuk memahami konsep penjumlahan dan pengurangan serta mengenal pola bilangan sederhana.

Baca Juga:
Pengenalan Konsep dan Operasi Penjumlahan Bilangan Cacah di Sekolah Dasar
Pengenalan Procept Operasi Pengurangan Bilangan Cacah di Sekolah Dasar

Literatur


Marsudi Raharjo, Endang Listyani & Sri Wulandari Danoebroto. 2016. Modul Guru Pembelajar: Modul Pelatihan SD Kelas Awal Kelompok Kompetensi C. Profesional Kajian bilangan cacah dan statistika Di sekolah dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Guru Dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengenalan Awal Bilangan Cacah di Kelas Rendah Sekolah Dasar"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...