Teknik Penarikan Akar Pangkat Dua

Teknik Penarikan Akar Pangkat Dua - Banyak siswa sekolah dasar yang kesulitan dalam menentukan akar pangkat dua dari sebuah bilangan kuadrat. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menentukan akar pangkat dua dari sebuah bilangan kuadrat. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan cara menghafal atau mencoba-coba, namun akan sangat sia-sia jika harus menghafal jika bilangan yang akan dicari akarnya adalah bilangan-bilangan besar.

Berikut ini merupakan salah satu teknik penarikan akar bilangan-bilangan kuadrat yang tersusun dari 3 dan 4 digit. Untuk bilangan-bilangan tersebut, siswa cukup perlu menghafal akar dari bilangan bilangan kecil misalnya 1, 4, 9, 16.......100.

Misalkan akan dicari akar (akar pangkat dua) dari 289, 324, 1024, 2025. Untuk mencari akar dari bilangan bilangan ini digunakan teknik penarikan akar sebagai berikut.

Akar dari 289


Akar dari 324


Akar dari 1024


Akar dari 2025
Proses penarikan akar kuadrat dapat dilihat pada video berikut:


Itulah empat contoh dari cara menarik akar kuadrat menggunakan teknik penarikan akar kuadrat yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah matematika yang melibatkan akar dan pangkat.

loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Teknik Penarikan Akar Pangkat Dua "

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel