Tips Memilih Kampus yang Baik Untuk Melanjutkan Studi

Tips Memilih Kampus yang Baik Untuk Melanjutkan Studi — Salah satu tujuan orang per orang untuk menimba ilmu adalah harapan bahwa dengan berbekal ilmu pengetahuan dan ketrampilan dapat memperoleh kehidupan yang lebih baik di masa depan. Semua orang memiliki harapan yang sama untuk hidup seperti ini. Namun, kadang-kadang keinginan untuk mempersiapkan diri agar dapat hidup yang lebih baik di masa depan terbentur dengan berbagai masalah seperti biaya dan kesalahan pemilihan PT ataupun jurusan yang sesuai. Bagi orang yang memiliki masalah biaya, mungkin mereka akan disibukkan dengan mencari sponsor untuk bisa melanjutkan ke PT, mencari pekerjaan untuk membiayai kuliah atau bahkan harus rela berhenti dan bekerja untuk hal lain.

Untuk memilih PT memang tidak mudah. Bagi yang tidak mempunyai kendala biaya pun, mengalami kendala dalam menentukan pilihan terutama dalam memilih perguruan tinggi terbaik tempat menimba ilmu. Pemilihan Perguruan Tinggi tempat menimba ilmu merupakan langkah awal yang penting yang dapat berpengaruh pada sukses tidaknya belajar dan memperoleh manfaat yang diinginkan oleh calon mahasiswa. Seperti dikutip Caroline Damanik dari Telegraph pada sebuah artikel yang ditulisnya di Kompas.com, ada sejumlah petunjuk untuk membantu calon mahasiswa menemukan universitas yang tepat untuk melanjutkan studi yaitu (1) Kegiatan akademis dan non-akademis, (2) Jarak dari tempat tinggal, (3) Durasi studi dan (4) mengecek dengan baik kampus yang akan dituju.

Kampus Universitas Flores. Jalan Samratulangi Ende

Ketika memilih universitas, yang perlu diingat adalah bahwa kuliah melulu kegiatan akademis tetapi juga hal-hal yang diluar akademis. Oleh karenanya, fasilitas akademis dan non-akademis perlu dipertimbangkan ketika memilih suatu PT. Kampus yang baik memiliki fasilitas akomodasi, akademis, dan hiburan yang terintegrasi, sehingga memungkinkan mahasiswanya menghabiskan waktu untuk segala kegiatan yang terkait dengan statusnya sebagai mahasiswa. Kampus dengan fasilitas memadai akan membuat mahasiswa lebih fokus dengan tanggung jawab sebagai mahasiswa.

Selain kegiatan dan fasilitas yang dipaparkan di atas, jarak kampus dari tempat tinggal sering diabaikan dalam memilih sebuah universitas. Pilihlah universitas yang tidak menghabiskan ongkos transportasi terlalu banyak. Bagi yang tinggal di rumah orangtua atau saudara, ongkos menjadi hal yang penting dipikirkan selain biaya kuliah. Jika harus tinggal jauh dari orangtua, pemilihan kos dekat kampus menjadi alternatif bagi penghematan ongkos transportasi sehingga beban biaya hanya difokuskan untuk biaya kuliah, makan, dan lain-lain.

Hal ketiga yang perlu dipertimbangkan adalah masa studi. Oleh karenanya, durasi studi perlu dipikirkan ketika akan memilih universitas yang dituju. Setiap universitas juga memiliki batas maksimal durasi yang berbeda bagi mahasiswanya untuk menyelesaikan studi. Setiap jurusan juga memiliki kecenderungan durasi kelulusan yang berbeda. Ada universitas yang menawarkan studi akselerasi. Keuntungannya, biaya hidup dapat ditekan karena cepat lulus, dan berpeluang memperoleh pekerjaan terlebih dahulu. Tantangan akan lebih berat bagi yang memilih kuliah sambil kerja. Mereka akan memiliki beban lebih besar untuk menyelesaikan kuliah tepat waktu atau menempuh waktu studi yang lebih lama.

Suatu hal yang perlu dilakukan oleh calon mahasiswa adalah menyelidiki kampus yang akan dituju. Pengenalan dan memastikan kampus yang dituju dapat dengan melakukan riset kecil-kecilan sehingga memastikan apakah cocok dengan yang diinginkan. Saat ini hampir semua perguruan tinggi memiliki situs web. Setelah memerikasa web PT dimaksud, cobalah melakukan cross check dengan mengunjungi kampus tersebut dan bisa bertanya langsung pada pihak kampus. Biasanya saat ini hampir semua PT sangat welcome jika ada yang berkunjung dan meminta informasi terkait penerimaan mahasiswa baru. Bisa juga menghadiri berbagai promosi yang dilakukan berbagai kampus yang datang ke sekolah-sekolah.
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Memilih Kampus yang Baik Untuk Melanjutkan Studi"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel