Download Buku Prakarya Smp Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 - TIPS BELAJAR MATEMATIKA

Download Buku Prakarya Smp Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018

Download Buku Prakarya Smp Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018- Mata Pelajaran Prakarya dilaksanakan sebagai pendidikan formal namun mengharapkan tujuan akhir mempunyai keterampilan ekonomis; Menghasilkan kualitas manusia yang mempunyai wawasan penciptaan berbasis pasar; Memfaslitasi peserta didik mampu berekspresi kreatif melalui keterampilan teknik berkarya ergonomis, teknologi dan ekonomis,; Melatih keterampilan mencipta karya berbasis estetis, artistik, ekosistem, dan teknologis; Melatih memanfaatkan media dan bahan berkarya seni dan teknologi melalui prinsip ergonomis, higenis, tepat-cekat-cepat, ekosistemik dan metakognitif.

Selain itu tujuan mata pelajaran Prakarya adalah agar para siswa dapat menghasilkan karya jadi atau apresiatif yang siap dimanfaatkan dalam kehidupan maupun bersifat wawasan dan landasan pengembangan apropriatif terhadap teknologi terbarukan dan teknologi kearifan lokal. Prakarya juga diharapkan dapat menumbuhkan jiwa wirausaha melalui melatih dan mengelola penciptaan karya (produksi), mengemas, dan usaha menjual berdasarkan prinsip ekonomis, ekosistemik, dan ergonomis.

Mata pelajaran Prakarya secara umum dirancang dengan tujuan membekali siswa agar mampu:
  1. Mengembangkan kreativitas melalui pembuatan produk berupa kerajinan, rekayasa, budi daya dan pengolahan yang bermanfaat dalam kehidupan seharihari
  2. Mengembangkan kreativitas melalui: mencipta, merancang, memodifikasi (menggubah), dan merekonstruksi berdasarkan pendidikan teknologi dasar, kewirausahaan dan kearifan lokal.
  3. Melatih kepekaan rasa peserta didik terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk menjadi inovator dengan mengembangkan: rasa ingin tahu, rasa kepedulian, rasa memiliki bersama, rasa keindahan dan toleransi.
  4. Membangun jiwa mandiri dan inovatif peserta didik yang berkarakter: jujur, bertanggung jawab, disiplin, dan peduli.
  5. Menumbuhkembangan berpikir teknologis dan estetis: cepat, tepat, cekat serta estetis, ekonomis dan praktis.
Ruang lingkup mata pelajaran Prakarya memiliki 4 aspek, berikut.

1. Kerajinan

Kerajinan dapat dikaitkan dengan kerja tangan yang hasilnya merupakan benda untuk memenuhi tuntutan kepuasan pandangan: estetika-ergonomis, dengan simbol budaya, kebutuhan tata upacara dan kepercayaan (theory of magic and relligy), dan benda fungsional yang dikaitkan dengan nilai pendidikan pada prosedur pembuatannya. Lingkup ini dapat menggali dari potensi lokal dan seni terap (applied art), desain kekinian (modernisme dan postmodernisme).

2. Rekayasa

Rekayasa terkait dengan beberapa kemampuan: merancang, merekonstruksi dan membuat benda produk yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari dengan pendekatan pemecahan masalah. Sebagai contoh: rekayasa penyambungan balok kayu untuk membuat susunan (konstruksi) kerangka atap rumah, harus dilakukan dengan prinsip ketepatan agar susunan rumah tidak mudah runtuh. Lingkup ini memerlukan kesatuan pikir dan kecekatan tangan membuat susunan mengarah kepada: berpikir kreatif, praktis, efektif, ketepatan dan hemat serta berpikir prediktif.

3. Budi Daya

Budi daya berpangkal pada cultivation, yaitu suatu kerja berusaha untuk menambah, menumbuhkan, dan mewujudkan benda atau makhluk hidup agar lebih besar/tumbuh, dan berkembang biak, bertambah banyak. Kinerja ini membutuhkan perasaan seolah dirinya pembudi daya. Prinsip pembinaan rasa dalam kinerja budidaya ini akan memberikan hidup pada tumbuhan atau hewan, tetapi dalam bekerja dibutuhkan sistem yang berjalan rutin atau prosedural, Manfaat edukatif teknologi budi daya ini adalah pembinaan perasaan, pembinaan kemampuan memahami pertumbuhan dan menyatukan dengan alam (ecosystem) menjadi peserta didik yang berpikir sistematis berdasarkan potensi kearifan lokal.

4. Pengolahan

Pengolahan artinya membuat, menciptakan bahan dasar menjadi benda produk jadi, agar dapat dimanfaatkan. Pada prinsipnya, kerja pengolahan adalah mengubah benda mentah menjadi produk jadi pangan yang mempunyai nilai tambah melalui teknik pengelolaan seperti: mencampur, mengawetkan, dan memodifikasi sehingga menghasilkan produk pengolahan pangan. Manfaat edukatif teknologi pengolahan bagi pengembangan kepribadian peserta didikadalah pelatihan rasa yang dapat dikorelasikan dalam kehidupan sehari-hari, sistematis yang dipadukan dengan pikiran serta prakarya.

Buku Prakarya Kurikulum 2013 Semester Ganjil dan genap untuk jenjang SMP/MTs dapat dibaca atau dipelajari secara langsung, juga bisa di unduh dalam bentuk PDF, dengan cara mengklik tautan-tautan berikut.

Buku Guru

1. Prakarya Kelas 7 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018
2. Prakarya Kelas 8 Kurikulum 2013
3. Prakarya Kelas 9 Kurikulum 2013

Buku Siswa Semester 1

1. Prakarya Kelas 7 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018
2. Prakarya Kelas 8 Kurikulum 2013
3. Prakarya Kelas 9 Kurikulum 2013

Buku Siswa Semester 2

1. Prakarya Kelas 7 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018
2. Prakarya Kelas 8 Kurikulum 2013
3. Prakarya Kelas 9 Kurikulum 2013

Semoga buku-buku ini bermanfaat untuk pembelajaran Prakarya di SMP/MTS. Jangan lupa dibagikan kepada siapapun yang membutuhkan.

Dijual buku Matematika SD: Ringkasan Materi, Latihan Soal dan Penyelesaian.

Belum ada Komentar untuk "Download Buku Prakarya Smp Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel