Tentang Daerah Interior dan Daerah Eksterior sebuah sudut


Tentang Daerah Interior dan Daerah Eksterior sebuah sudut - Pada pembahasan tentang geometri, salah satu konsep yang sering digunakan adalah konsep sudut. Sulit atau bahkan tidak bisa memisahkan konsep ini ketika belajar geometri. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan tentang apa yang dimaksud dengan sudut, daerah interior dan eksterior sebuah sudut dan bagaimana cara mengukur sudut. Pada artikel sebelumnya tentang Titik, Garis, Ruas Garis, Sinar Garis, Sudut, Dan Kurva telah sedikit dipaparkan tentang sudut.

1. Pengertian Sudut


Suatu sudut adalah gabungan dua segmen garis dengan titik pangkal yang sama atau gabungan dua sinar dengan titik pangkal yang sama. Titik pangkal tersebut disebut titik sudut. Segmen garis-segmen garis atau sinar garis-sinar yang membentuk sudut tersebut disebut sisi sudut. Sudut dapat dinyatakan dengan nama suatu titik pada satu sisi sudut, kemudian titik sudut, diikuti oleh nama titik pada sisi yang lain.

2. Gambar Sudut

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, bahwa sudut dapat dinyatakan dengan nama suatu titik pada satu sisi sudut, kemudian titik sudut, diikuti oleh nama titik pada sisi yang lain.Berdasarkan aturan ini maka sudut dapat digambarkan sebagai berikut
Gambar <EDF
Gambar di atas menunjukkan EDF atau sudut D dan Gambar di bawah ini menunjukkan sudut BAC
Gambar <BAC

Selanjutnya untuk  menyatakan sudut BAC digunakan simbol <BAC atau simbol <CAB. Sudut BACdapat juga dinyatakan dengan menyebut titik sudutnya saja yaitu sudut A atau dengan simbol <A atau sudut EDF disimbolkan dengan <D.

3. Daerah Interior Sudut dan Eksterior Sudut

Suatu sudut dibentuk oleh dua sinar garis sedemikian rupa sehingga membagisuatu bidang menjadi tiga daerah, yaitu: (1) sudut itu sendiri, (2) daerah dalam Interior)sudut, dan (3) daerah luar (eksterior) sudut. Interior sudut adalah semua titik pada bidang antara dua sinar garis, sedangkan Eksterior sudut adalah semua titik pada bidang yang bukan pada sudut atau bukan interior.

Perhatikan Gambar berikut
Gambar Eksterior dan Interior sudut


Dari gambar di atas  tampak bahwa interior sudut adalah cembung (konveks), sedangkan eksteriornya adalah cekung (konkav). Jika dua sinar garis membentuk satu garis, maka sudut yang terjadi tidak mempunyai interior.

4. Pengukuran Sudut

Alat yang digunakan untuk mengukur sudut adalah busur derajat. Misalkan kita ingin menentukan ukuran sudut BAC seperti pada Gambar di bawah ini:

Gambar cara mengukur sudut
Maka kita harus menempatkan pusat busur derajat di titik A dan tanda 0 derajat pada sisi AB. Selanjutnya kita membaca bilangan pada busur derajat yang berada tepat pada sisi AC, dan bilangan
inilah yang merupakan ukuran sudut BAC, yaitu 120. Busur derajat umumnya ditandai dari 0 derajat
sampai 180 derajat. . Ukuran  sudut BAC dinyatakan dengan m<BAC. Jadi m<BAC = 120 derajat
.
loading...

0 Response to "Tentang Daerah Interior dan Daerah Eksterior sebuah sudut"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel

loading...