Ringkasan Materi Serta Contoh Soal dan Penyelesaian Materi Bangun Datar Persegi Panjang

1. Pengertian Persegi Panjang


Persegi panjang merupakan bangun datar yang memiliki dua pasang sisi sejajar, masing-masing pasang sama panjang dan memiliki empat buah sudut yang semuanya siku-siku. Dua pasang sisi tersebut diberi nama pasangan Panjang yaitu sisi yang lebih panjang (P) dan pasang sisi yang lebih pendek (L). Jika P dan L memiliki panjang yang sama maka bangun tersebut disebut dengan persegi atau bujur sangkar.Coba perhatikan persegi panjang QRST berikut !

Gambar Persegi Panjang QRST
Dari gambar di atas, panjang QR=ST=p dan RS=QT=l

2. Luas dan Keliling Persegi Panjang

Keliling


Berdasarkan pengertian persegi panjang di atas maka keliling persegi panjang dapat dihitung.Keliling persegi panjang adalah akumulasi atau total panjang dari sisi sisi yang membentuk persegi panjang. Berdasarkan definisi keliling persegi panjang ini maka dapat dengan mudah menentukan rumus keliling persegi panjang adalah : Keliling= 2p+2l

Luas


Luas daerah persegi panjang adalah banyaknya bujur sangkar satuan yang menutupi daerah persegi panjang tanpa ada bujur sangkar satuan yang berhimpitan dan tanpa adanya celah-celah diantaranya. Bujur sangkar satuan sendiri memiliki panjang sisi sebesar 1 satuan panjang. Dengan demikian, satu buah persegi atau bujur sangkar satuan memiliki luas sebesar 1 satuan luas.

Sebagai contoh, luas Persegi Panjang ABCD berikut adalah sebanyak 24 satuan luas karena persegi panjang ABCD ditutupi tepat oleh 24 persegi atau bujursangkar satuan dengan sisi-sisi sebesar satu satuan.


Peragaan berikut lebih mengarah kepada proses penemuan rumus luas persegi panjang. Perhatikan persegi panjang ABCD (Gambar13) di papan peraga. Dengan membilang bujur sangkar satuan yang ada pada persegi panjang tersebut, maka luasnya dapat ditentukan, yaitu 24 satuan luas.  

Ilustrasi untuk mendapatkan rumus luas Persegi panjang adalah sebagai berikut:


Selanjutnya perhatikan persegi panjang EFGH  pada papan peraga dan tutuplah sebagian daerahnya seperti  (i). Tanyakan kepada siswa, berapa satuan luaskah daerah persegi panjang EFGH?.  Bila siswa belum dapat menjawab dengan benar, bukalah penutupnya sehingga daerah persegi panjang EFGH akan nampak sama dengan daerah persegi panjang ABCD.

Lebih lanjut dijelaskan bahwa luas daerah persegi panjang ABCD diperoleh dari hasilkali banyaknya bujur sangkar satuan pada satu baris dengan banyaknya bujur sangkar satuan pada satu kolom. Dengan penjelasan seperti di atas siswa dapat menghitung luas persegi panjang IJKL (Gambar  ii) demikian pulah persegi panjang MNOP (iii) 

Kegiatan selanjutnya perhatikan persegi panjang QRST (Gambar iv), p adalah singkatan dari panjang, yaitu ukuran panjang persegi panjang QRST, l adalah singkatan dari lebar, yaitu ukuran lebar persegi panjang QRST. Dengan urutan kegiatan seperti di atas siswa diharapkan dapat menyimpulkan bahwa luas daerah QRST adalah hasil kali ukuran panjang daerah  persegi panjang QRST dengan ukuran lebar daerah persegi panjang QRST. Jadi rumus luas daerah persegi panjang yang ukuran panjangnya  p dan ukuran lebarnya l adalah  L = p x l.

3. Soal dan Pembahasan Bangun datar Persegi Panjang

 Soal 1

Ada sebuah lapangan basket yang berbentuk pesegi panjang. Apabila panjang sisi panjangnya 15 m dan ukuran lebarnya 10 m. Tentukanlah luas dari lapangan basket tersebut ?

Penyelesaian :

Diketahui :
        Panjang lapangan (p) = 15 m
       Lebar lapangan (l) = 10 m
Ditanya :
      Luas Lapangan basket
Jawaban :
       L = p x l
          = 15 m x 10 m
          = 150 m2
Jadi, luas lapangan basket adalah 150 m^2

Soal 2:

Suatu kolam renang berbentuk persegipanjang dengan ukuran 18 m x 7 m. Di sekeliling kolam terdapat jalan yang lebarnya 2 m. Tentukan luas jalan tersebut.

Pembahasan

Diketahui:

p = 18 m, menyatakan panjang kolam
l1 = 7 m, menyatakan lebar kolam
l2 = 2 m, menyatakan lebar jalan

Ditanya: Luas jalan keliling kolam 
Jawab: 

Luas kolam renang = 18 m x 7 m = 126 m2.  
Luas kolam renang + luas jalan keliling kolam  = (18 + 2) m x (7 + 2) m 
                                                                              = 20 m x 9 m 
                                                                              = 180 m2 
 Luas jalan keliling kolam = 180 m2 - 126 m2 = 54 m2

Demikianlah ringkasan materi serta contoh soal dan penyelesaian materi bangun datar persegi panjang. Kunjungi juga materi bangun datar yang lain seperti: Bangun Datar : Jajaran Genjang,
Tentang Lingkaran dan Unsur-Unsur Lingkaran dan Materi Bangun Datar Lainnya

Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel