Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal dan Jawaban Ujian Nasional Matematika Sekolah Dasar Pokok Bahasaan Pecahan

Soal dan Jawaban Ujian Nasional Matematika Sekolah Dasar Pokok Bahasaan Pecahan - Pada setiap Ujian Nasional Matematika Sekolah Dasar setiap Tahun, soal-soal materi pecahan selalu muncul. Oleh karena itu, penguasaan aturan-aturan terkait operasi pecahan perlu ditekankan pada peserta didik sebagai bentuk persiapan menghadapi ujian sekolah.

Berikut ini merupakan contoh soal matematika sekolah dasar materi pecahan yang sering muncul dalam ujian nasional. Dalam tulisan ini, disertakan jawaban serta alasan penyelesaian soal yang diberikan.

Soal 1
Jawaban Soal 1
Soal di atas merupakan soal pengurangan pecahan. Bilangan yang akan dikurangi merupakan pecahan campuran dan pengurangnya adalah pecahan biasa. Untuk menyelesaikan soal ini, dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu:
•  meminjam dari yang utuh sehingga bagian pecahannya dapat dikurangi 
•  menyamakan penyebut pecahan 
•  menyederhanakan pecahan
Salah satu alternatif penyelesaian soal di atas adalah sebagai berikut:

Jadi pilihan jawaban yang benar untuk soal di atas adalah : Pilihan B.

Soal 2:
Hasil 502,9 – 98,456 = …. 
A.  404,556 
B.  404,444  
C.  403,544 
D.  403,456 
Jawaban: 
Soal di atas merupakan soal operasi hitung yang melibatkan pecahan desimal. Oleh karena itu penguasaan pengetahuan dan ketrampilan  prasyarat seperti nilai tempat bilangan persepuluhan, perseratusan, dan ratusan; nilai tempat bilangan satuan, puluhan, dan ratusan; tekhnik meminjam dan menyimpan sangat penting.

Soal di atas dapat diselesaikan sebagai berikut: 502,900 – 98,456 = 404,444. Jadi pilihan jawaban yang benar untuk soal di atas adalah pilihan : B

Soal 3:
  
Jawaban :
Soal di atas merupakan soal pembagian pecahan. Pengetahuan dan ketrampilan prasyarat yang mesti dikuasai agar dapat menyelesaikan soal pembagian pecahan adalah: bahwa sifat pembagian dengan pecahan sama dengan perkalian dengan kebalikan pecahan pembaginya. Selain itu, ketrampilan menyatakan pecahan sebagai pecahan biasa juga penting dikuasai.

Untuk menyelesaikan soal pembagian pecahan, pertama-tama adalah merubah 2 2/6 menjadi 14/6. Selanjutnya merubah 7/8 menjadi 8/7 dan kalikan 14/6 dan 8/7. Penyelesaiaannya adalah sebagai berikut:
Jadi jawaban yang benar untuk soal di atas adalah : Pilihan C

Soal 4
Bu Amalia mempunyai minyak goreng 1,2 liter. Karena akan mengadakan pesta, ia  membeli minyak dalam bentuk kemasan sebanyak 12 buah masing-masing berisi 0,25 liter.   Setelah menggunakan 3 1/2 liter untuk memasak, minyak Bu Amalia masih… 
D.  1,7 liter 
A.  0,6 liter 
B.  0,7 liter 
C.  1,6 liter 

Jawaban:
Soal di atas merupakan soal cerita yang berhubungan dengan operasi pecahan. Pengetahuan prasyarat: 
•  menyamakan bentuk pecahan menjadi pecahan biasa atau pecahan desimal 
•  penjumlahan dan pengurangan pecahan 
Minyak yang tersisa = minyak yang tersedia – minyak yang digunakan. 
Minyak yang tersedia = sebelum + sesudah ditambah dengan membeli. 

Soal 5:
Penduduk usia dewasa Desa Pandanwangi ada 4.800 orang. Penduduk yang bekerja sebagai PNS 37%, sebagai petani 24%, dan sisanya berwirausaha. Selisih penduduk yang bekerja sebagai PNS dengan yang berwirausaha ada ... orang
A.  96 
B.  624 
C.  720 
D.  1.056 
Jawaban:
kerangka berpikir: total penduduk 100% terbagi dalam 3 bagian
 Misalkan penduduk yang berwirausaha adalah w maka w = p % × 4800 
Penduduk yang berwirausaha = 100% – 37 % – 24 % = 39 % 
Selisih penduduk yang bekerja sebagai PNS dengan yang   berwirausaha ada  
9% – 37% = 2 % = 2/100× 4.800 orang = 96 orang 
Jadi Jawaban yang benar untuk soal di atas adalah A