Soal dan Jawaban Ujian Nasional Matematika Sekolah Dasar Materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB)

Soal dan Jawaban Ujian Nasional Matematika Sekolah Dasar Materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB)-Materi tentang Faktor, Kelipatan, Faktor Persekutuan, Kelipatan Persekutuan, Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) merupakan materi penting yang harus dikuasai oleh siswa sekolah dasar. Oleh karena itu, materi ini sering diujikan dalam ujian nasional maupun ujian sekolah.

Berikut ini, merupakan contoh soal tentang Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) yang sering diujikan dalam ujian nasional. Sebelum anda membaca soal dan penyelesaian tentang KPK dan FPB alangkah baiknya terlebih dahulu membaca postingan sebelumnya tentang: Tips Belajar Matematika SD : Menyelesaikan Soal-Soal KPK dan FPB
Soal 1
KPK dari 42, 63, dan 84 adalah ....
A.  126
B.  168
C.  212
D.  252

Jawaban Soal 1 :

Untuk menyelesaikan soal di atas ada dua cara, yaitu menggunakan himpunan kelipatan persekutuan atau menggunakan faktorisasi prima. Namun, yang lebih efektif adalah menggunakan faktorisasi prima.

Langkah pertama adalah menguraikan 42, 63 dan 84 menjadi hasil kali dari faktor faktor prima. Setelah proses tersebut, KPK dari 42, 63 dan 84 diperoleh dengan mengalikan faktor prima yang sama dengan pangkat yang paling tinggi.

Jadi penyelesaian soal di atas adalah sebagai berikut:


Soal 2: 
Alvin mengunjungi perpustakaan setiap 3 hari sekali dan Zury setiap 4 hari sekali. Jika tanggal 20 Mei mereka mengunjungi perpustakaan, mereka akan keperpustakaan secara bersamaan lagi pada tanggal ....

A.  24 Mei
B.  27 Mei
C.  1 Juni
D.  2 Juni

Jawaban Soal 2 : 
KPK dari 3 dan 4 adalah 12,  maka 12 hari setelah tanggal 20 Mei adalah tanggal 1 Juni.
Jawaban : C

Soal 3:

FPB 48, 72, 96 adalah ....
A.  6
B.  12
C.  24 
D.  28

Jawaban : 

Sama seperti mencari KPK, untuk mencari FPB hal pertama yang harus dilakukan adalah menuliskan bilangan-bilangan yang akan dicari FPBnya sebagai hasil kali dari faktor-faktor primanya. FPB dapat diperoleh dengan cara mengalikan faktor prima yang sama dengan pangkat yang terkecil.








Soal 4:

Pak Agung membagikan 48 kg beras, 64 kg telur, dan 80 kg gula pasir kepada beberapa tetangganya dalam bentuk paket lebaran. Tiap paket terdiri atas 3 jenis barang. Antara paket yang satu dan paket yang lain berisi jenis barang dan jumlah yang sama. Berapa paket terbanyak yang dapat dibuat? 
A.  24
B.  16
C.  12
D.  8

Jawaban  Soal 4:


Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel