Orangtua Siswa Sekolah Dasar Bertanya Tentang Soal Matematika Aspek Geometri

Orangtua Siswa Sekolah Dasar Bertanya Tentang Soal Matematika Aspek Geometri - Malam ini tanggal 8 April 2019, ketika sedang memikirkan ide untuk menulis, muncul pesan WhatsApp dari teman saya DBS. Isi pesannya berupa gambar soal hasil corat coret penyelesaian soal Pekerjaan Rumah si Putri, anak pertamannya yang duduk di kelas 6 salah satu SD di kota Ende.

Adapun soalnya adalah mengenai bagaimana menentukan luas dari permukaan tabung. Gambar yang dikirimkan melalui pesan WhatsApp adalah seperti pada gambar berikut:


Soal tersebut sudah coba diselesaikan oleh sahabat saya untuk membantu anaknya yang kesulitan mengerjakan soal tersebut. Sahabat saya orangtuanya si putri mengirimkan gambar hasil corat coretnya yang menurut saya sudah benar sebagai berikut.



Ketika menerima pesan ini saya sedang dalam perjalanan menuju suatu tempat sehingga saya hanya menscreenshoot rumus penyelesaian soal di atas dan mengirimkannya pada beliau. Rumus Luas Permukaan tabung yang saya kirimkan adalah seperti gambar di bawah ini.


Sampai di rumah, saya mengambil secarik kertas dan menyelesaikan soal tersebut dan saya kirimkan cara lain untuk menyelesaikan soal di atas kepada beliau. Penyelesaiannya adalah sebagai berikut.


Namun beliau ngotot ingin agar penyelesaiannya lebih ringkas seperti yang telah dikirimkan di atas. Masih percaya diri dengan  penyelesaiannya. Kepercayaan diri sangat penting dalam penyelesaian permasalahan matematika.Akhirnya, saya mengirimkan cara ke dua menyelesaikan soal tersebut sebagai berikut.


Setelah mengirimkan penyelesaian ini dan membenarkan cara penyelesaian soal versi beliau, dia sangat senang karena bisa membantu putrinya mengerjakan soal.

Catatan: Orang tua musti banyak belajar agar dapat mendampingi putrinya belajar. Kemampuan matematika dasar dari orangtua yang didapatkan ketika mereka di sekolah dasar sudah cukup untuk melakukan penalaran terhadap cara penyelesaian soal matematika anak maupun membantu anak yang mengalami kesulitan.




Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel