Contoh Jurnal Penilaian Sikap dalam Pembelajaran Matematika

Contoh Jurnal Penilaian Sikap dalam Pembelajaran MatematikaTujuan kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2) sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan/atau ekstrakurikuler.

Rumusan Kompetensi Sikap Spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Adapun rumusan Kompetensi Sikap Sosial yaitu, “Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), yaitu keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memerhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

Penilaian sikap adalah penilaian terhadap kecenderungan perilaku peserta didik sebagai hasil pendidikan, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Penilaian sikap memiliki karakteristik yang berbeda dengan penilaian pengetahuan dan keterampilan, sehingga teknik penilaian yang digunakan juga berbeda. 
Jurnal Penilaian Sikap Spiritual
Nama Satuan Pendidikan  :   ....
Kelas/Semester  :   ....
Tahun Pembelajaran  :   ....
No
Waktu 
Nama 
Kejadian/Perilaku 
Butir Sikap 
 Positif/Negatif
 1


 Tidak mengikuti kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di sekolah.
 Ketaqwaan
 -
 2


engganggu teman yang sedang 
berdoa 

 Toleransi 
beragama 
 -
 3


 Mengajak temannya berdoa 
sebelum mengikuti perlombaan atau 
pertandingan
 Ketaqwaan
 +
 4


 Menjadi ketua panitia peringatan hari 
besar keagamaan di sekolah.
 Ketaqwaan
 +
 5


 Memberi kelonggaran waktu temannya 
saat menjalankan ibadah di sekolah
 Toleransi 
beragama 
 +

Penilaian sikap spiritual dan sikap sosial dilakukan secara berkelanjutan oleh wali kelas dengan menggunakan observasi dan informasi lain yang valid dan relevan dari berbagai sumber. Penilaian sikap merupakan bagian dari pembinaan dan penanaman atau pembentukan sikap spiritual dan sikap sosial peserta didik yang menjadi tugas dari setiap guru. Penanaman sikap diintegrasikan pada setiap pembelajaran KD dari KI-3 dan KI-4. 

Hasil penilaian sikap selama periode satu semester ditulis dalam bentuk deskripsi yang menggambarkan perilaku peserta didik. Penilaian sikap dilakukan oleh wali kelas, melalui observasi yang dicatat dalam jurnal.

Jurnal Penilaian Sikap Sosial
Nama Satuan Pendidikan  :   ....
Kelas/Semester  :   ....
Tahun Pembelajaran  :   ....
No
Waktu 
Nama 
Kejadian/Perilaku 
Butir Sikap 
 Positif/Negatif
 1


Melaksanakan piket kebersihan kelas.
 Tanggung Jawab
 +
 2


Tidak mengikuti upacara bendera.

Disiplin 
 -
 3


Menjadi pemimpin upacara di sekolah.
 Percaya diri
 +
 4


Memungut sampah yang berserakan di 
lantai.
 Bersih
 +
 5


Berbicara keras saat minta tolong 
kepada penjaga sekolah.
 Santun
 -



Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel