Hampir Dua Bulan Cemas Menunggu, Pin Google Adsense Akhirnya Datang Juga

Hampir Dua Bulan Cemas Menunggu, Pin Google Adsense Akhirnya Datang Juga - Saat saya mulai menulis artikel ini, sebenarnya saya belum memverifikasi Akun Adsense saya. Saya sedang menyiapkan tulisan ini untuk diposting sore nanti ketika istri saya sudah mengambil surat cinta dari Adsense di Kantor Pos. Ya, pagi tadi, pegawai pos kenalan saya menelpon kalau kiriman dari adsense atas nama saya sudah ada. Saking senangnya, akhirnya saya menulis artikel ini. Karena saya sudah kerja di tempat yang berbeda, saya meninggalkan nomor HP saya pada kenalan saya yang bekerja di Kantor POS. Hal ini disebabkan karena alamat pengiriman Pin Adsense tepat sesuai dengan alamat KTP yang telah dipakai untuk verifikasi Identitas pada akun Adsense. 

Pin Gooogle adsense memang salah satu yang ditunggu-tunggu oleh para pemain Google Adsense. Alasannya penghasilan yang diterima dari jasa pemasangan iklan di blog akan dikirim jika google Adsense berhasil memverifikasi alamat kita dengan cara mengirimkan PIN adsense ke alamat kita. Google perlu memverifikasi apakah benar publisher adsense merupakan orang yang benar-benar tertera pada Identitas yang terdaftar pada Adsense. 

Apa Sih PIN Google Adsense Itu? 


Sama seperti halnya PIN pada ATM, PIN atau yang kepanjangannya adalah Personal Identification Number berupa deretan 6 angka/digit yang dikirimkan oleh pihak google kepada para pemilik blog atau website yang telah diterima menjadi publisher Google Adsense dan Iklan adsense telah muncul di blog/website tersebut. PIN ini dikirimkan langsung ke alamat publisher adsense melalui jasa kantor pos. Tujuan Pengiriman lewat kantor pos adalah agar Pihak Google Adsense ingin memverifikasi apakah publisher yang terdaftar memiliki alamat sebenarnya atau menggunakan alamat fiktif. Jika publisher menerima PIN tersebut, pin ini harus diisi pada dasboard akun adsense sebagai bukti bahwa kepemilikan alamat sesuai dengan Identitas yang terverifikasi ke alamat google sebagai pemegang atau pemilik akun adsense. 

Kapan Sih Adsense Mengirim PIN? 


Mungkin ada yang bertanya:” Kapan Sih Adsense akan Mengirim PIN ke alamat publisher adsense?. Jawabannya adalah ketika penghasilan iklan dalam akun adsense telah mencapai 10 Dolar atau sekitar Rp. 130.000. Pada saat penghasilan sebesar inilah secara otomatis ada pemberitahuan di dasboard akun Google Adsense bahwa pihak google telah mencetak dan mengirimkan PIN melalui Pos dan diprediksi akan sampai ke alamat publisher antara 2-4 minggu tergantung lokasi publisher. 

Saya sendiri menerima PIN tadi pagi tepat 6 Minggu setelah pemberitahuan pengiriman PIN pada akhir maret Lalu. Walau pada minggu lalu saya sempat meminta pengiriman PIN yang kedua, dikarenakan PIN yang saya tunggu tidak datang juga. Namun tidak masalah karena menurut keterangan yang dapat di akun GA saya bahwa semua pin yang dikirimkan adalah sama, jadi tidak masalah jika pengiriman PIN kedua dari google tidak pernah sampai ataupun sampai ke saya, karena  saya akan memverifikasi nanti dengan PIN yang telah saya dapatkan tadi pagi. 

Tips Agar PIN sampai ke Alamat Kita? 


Saya tidak punya tips lain, selain yang telah saya lakukan. Selama apapun, PIN akan sampai ke alamat kita jika alamat kita jelas dan tidak fiktif. Saya sendiri memverifikasi dengnan menggunakan alamat lama yang tertera pada KTP. Namun karena KTP berlalu seiumur hidup dan sekarang saya telah pindah alamat, saya pergi ke kantor pos dan meninggalkan nomor HP. Saya memberitahu jika ada kiriman dari adsense atas nama saya mohon menghubungi nomor yang saya berikan, karena saya telah pindah alamat.


Setelah meninggalkan nama dan nomor HP, tentu saja menunggu sekian lama merupakan hal yang membosankan dan mencemaskan. Bagaimana tidak cemas, banyak pengorbanan yang telah saya lakukan hanya demi bisa diterima menjadi Publisher Google Adsense (Pengalaman dan pengorbanan untuk diterima menjadi publisher dapat dibaca pada Penuh Pengorbanan, Akhirnya Diterima Sebagai Penayang Google Adsense). Kecemasan saya menjadi sirna ketika pagi tadi petugas pos menghubungi saya dan sekarang saya menunggu sambil menuliskan postingan ini. 

Bentuk dan Isi dari Surat Cinta PIN Adsense 


Baru saja, istri saya mengirimkan Foto bentuk amplop adsense dan ternyata tidak ada  isinya seperti layaknya surat biasa. PIN tersebut berupa amplop surat khusus yang di dalamnya telah tercetak 6 deret angka rahasia untuk memverifikasi alamat kita yang sebenarnya. 


Amplop Pin Depan

Amplop pin setelah dibuka
Saya langsung membuka Akun Adsense saya dan memasukan pin dan menekan tombol kirim.

Hasilnya, sudah tidak ada lagi  notifikasi verifikasi akun pada dasboard Adsense saya. Sekarang kosentrasi saya adalah  merawat blog dengan mendatangkan banyak visitor agar penghasilan adsense saya meningkat dan menunggu pembayaran pertama dari adsense. Jika saya sudah mendapatkan pembayaran pertama maka saya akan menuliskan pengalaman tersebut di blog ini.

Artikel Terkait

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel