Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Soal-Soal Tes CPNS 2019

Download Soal-Soal Tes CPNS 2019 - Proses perekrutan CPNS Tahun 2019 sudah dimulai. Oleh karenanya, setelah mendaftarkan diri, penting bagi semua peserta yang serius untuk menjadi ASN untuk  mengenal bentuk-bentuk soal yang sering dikeluarkan BKN dalam seleksi CPNS.

Pengenalan bentuk-bentuk soal tersebut dapat sedikit membantu para peserta tes CPNS 2019 agar bisa lolos  seleksi CPNS . Tentu saja soal -soal yang tersedia dalam postingan ini bukan soal sebenarnya tetapi merupakan prediksi serta memiliki karakteristik soal yang mirip dengan soal tes CPNS 2019 nantinya.

Berdasarkan  Peraturan Menteri  PANRB No. 35/2013 soal CPNS yang diterapkan dalam sistem CAT mencakup berbagai bidang yang diujikan. 

1.Tes Karakteristik Pribadi (TKP), terdiri dari 35 soal dengan estimasi waktu pengerjaan 30 menit. 

Untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dalam soal tersebut setidaknya terdapat 15 aspek yang diujikan. Aspek-aspek tersebutlah yang menjadi tolak ukur penilaian, atau standar penilaian. Berikut ini 15 aspek tersebut. 

1. Aspek Integritas calon peserta CPNS 
2. Aspek Kejujuran calon peserta CPNS 
3. Aspek Tanggungjawab calon peserta CPNS 
4. Aspek Kemampuan Beradaptasi calon peserta CPNS 
5. Aspek Pengendalian diri calon peserta CPNS 
6. Aspek Semangat Berprestasi calon peserta CPNS 
7. Aspek InisiatifĂ‚ calon peserta CPNS 
8. Aspek Kreatifitas Kerja calon peserta CPNS 
9. Aspek Ketekunan calon peserta CPNS 
10. Aspek Penghargaan Terhadap Orang Lain 
11. Aspek Ketegasan calon peserta CPNS 
12. Aspek Kepercayaan Diri calon peserta CPNS 
13. Aspek Toleransi calon peserta CPNS 
14. Aspek Kepedulian Lingkungan, dan 
15. Aspek Efesiensi Cara kerja calon peserta CPNS 

2. Tes Intelegensi Umum (TIU), Terdiri dari 35 soal dengan estimasi waktu pengerjaan 30 menit. 

Dalam soal Tes Intelegensi Umum (TIU), ada 4 aspek yang akan diujikan. Keempat aspek tersebut meliputi. 

1. Kemampuan verbal, yakni kemampuan dalam mengemukakan informasi secara tulis dan lisan. terdiri dari  Sinonim, Antonim, dan Padanan Kata 

2. Kemampuan Numerik, yakni pengujian terhadap operasi perhitungan angka-angka yaitu Aljabar  dan  Aritmatika 

3. Kemampuan Berfikir logis, yakni pengujian terhadap penalaran secara runtutan dan sistematis  terdiri dari Deret  dan Silogisme 

4. Kemampuan Berfikir Analitis, yakni pengujian kemampuan untuk mengurai suatu persoalan secara sistematis. Teridir dari Analitik dan Spasial 

3.Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), terdiri dari 30 soal dengan estimasi waktu pengerjaan 30 menit. 

Untuk jenis Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) materinya hampir sama dengan pelajaran-pelajaran sosial di bangku sekolah. Baik itu sejarah, PKN, dan Politik. Soal dari TWK sendiri meliputi 

1. Pemahaman Pancasila 
2. Pemahaman Bhineka Tunggal Ika 
3. Pemahaman NKRI 
4. Pemahaman Undang-undang Dasar 1945 
Adapun fokus pembahasan meliputi:  Sistem tata negara Indonesia (Pusat maupun daerah), Sejarah perjuangan Bangsa Indonesia, Peran Indonesia dalam persoalan regional maupun global, dan Kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar. 

Dari aspek-aspek tersebut, kemudian BKN mengemasnya dalam bentuk Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang kemudian disajikan dalam bentuk tes CAT CPNS. 

Kisi-kisi soal Tes CPNS 

Perlu diketahui sebelumnya, ada tiga jenis materi yang akan diujikan di tes CPNS 2019 nanti. Jenis materi tersebut meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakter Pribadi. Masing-masing jenis soal memiliki skors sendiri-sendiri. 

Jumlah soal yang diujikan pada CAT CPNS keseluruhannya ialah 100 soal. Mencakup 35 soal TKP, 35 soal TIU, dan 30 soal TWK. Adapun skala penilaiannya ialah sebagai berikut. 

  • 35 soal TKP (Penilaian antara skala 1 sampai 5, tidak ada nilai 0) 
  •  35 soal TIU (Nilainya 0 jika salah, dan 5 jika jawaban benar) 
  • 30 soal TWK (Nilainya 0 jika salah, dan 5 jika jawaban benar) 
Jadi, jika peserta CPNS menjawab semua pertanyaan dengan benar, maka ia mendapatkan nilai 500. Adapun untuk nilai terendah ialah 35. Perlu digaris bawahi, dalam penilaian ini tidak ada sistem pengurangan nilai apabila jawaban salah. 


Download Soal CPNS 2019 PDF dan Kunci Jawabannya 

Berikut ini adalah  contoh soal tes CPNS 2019 dengan format pdf. Kamu bisa download soal CPNS 2018 dan kunci jawabannya di bawah ini. Klik download untuk mengunduhnya. 



Posting Komentar untuk "Download Soal-Soal Tes CPNS 2019"