Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Sukses Lulus Tes CPNS

Tips Sukses Lulus Tes CPNS - Profesi Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan pekerjaan favorit yang dilirik dan diinginkan banyak orang. Setiap ada pembukaan perekrutan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), orang beramai-ramai mendaftar. Sayangnya, jumlah formasi dan kuota yang ditawarkan tidak sebanding dengan para pelamar yang ingin menjadi Pegawai Negeri Sipil, sehingga peluang seseorang untuk lulus menjadi kecil. Untuk menempati satu formasi kadang-kadang seorang pendaftar harus bersaing dengan ratusan orang bahkan ribuan.Berkaca dari total pelamar CPNS 2018 yang berjumlah 3.636.251 juta, dengan rincian jumlah pelamar di 76 instansi pusat mencapai 1.446.460 dan pelamar di 481 instansi daerah sebanyak 2.189.791orang. 

Oleh karena itu, para pelamar harus mempersiapkan diri dengan matang. Selain melengkapi semua persyaratan dan kelengkapan administrasi para peserta wajib berlatih mengerjakan soal tes CPNS secara rutin jauh-jauh hari sebelum tes dilaksanakan. 

Berikut ini beberapa tips dari https://pintaria.com/blog/tips-sukses-lulus-tes-cpns yang dapat diikuti berkenaan dengan Tes Seleksi CPNS Tahun 2019.

Ilustrasi ASN. (Sumber: https://www.harapanrakyat.com)

1. Memilih Instansi yang Sesuai dengan Minat dan Ijasah 

Meski sama-sama melakukan seleksi penerimaan melalui tes CPNS, beda instansi, beda pula komposisi soalnya. Misalnya, menurut salah satu peserta tes CPNS, tes matematika untuk Badan Koordinasi Penanaman Modal lebih rumit dibanding tes matematika untuk Kementerian Komunikasi dan Informatika. Selain itu, tes untuk beberapa instansi hanya dua tahap, tapi untuk Kementerian Luar Negeri bisa jadi empat tahap. 

Karena itu, cari tahu tentang tes CPNS instansi yang kamu inginkan. Alangkah baiknya kamu memilih instansi yang sesuai dengan minatmu atau selaras dengan jurusanmu saat kuliah agar peluangmu lulus tes CPNS lebih besar. Kesempatanmu diterima sebagai PNS juga lebih besar jika kamu memilih posisi yang memiliki lowongan banyak. 

2. Banyak Mencoba Mengerjakan Latihan Soal Tes CPNS 

Tes CPNS terdiri dari dua jenis, yakni Tes Kompetisi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). TKD dibagi lagi menjadi Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Masing-masing memiliki passing grade alias nilai ambang batas yang harus dipenuhi untuk bisa lulus tes CPNS, yakni 80 untuk TIU, 75 untuk TWK, dan 143 untuk TKP. Miliki soal-soal latihan CPNS 2019 dengan download soal-soal latihan tes CPNS 2019

1. TIU 

Fokuskan menjawab pertanyaan yang menurut kamu gampang terlebih dulu. Misalnya kamu lemah di kemampuan numerik berupa aljabar, kamu bisa mengerjakan soal deret dulu. Soal jenis ini bisa kamu jawab dengan mudah jika teliti dan rajin berlatih mengerjakan soal. Atau, dahulukan mengerjakan soal kemampuan verbal berupa sinonim, antonim, dan analogi, kemampuan berpikir logis berupa silogisme, atau kemampuan berpikir analitis berupa soal spasial. 

2. TWK 

TWK terdiri dari soal Pancasila, UUD 1945, sejarah perjuangan bangsa, sampai sistem tata negara Indonesia. Mentang-mentang terkesan seperti pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) yang sarat muatan budi pekerti, jangan sepelekan tes ini dengan sekadar memilih jawaban paling bagus dan paling panjang dari daftar jawaban, ya, Pintarian. Kamu harus memelajari semuanya dengan maksimal untuk bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan TWK dengan benar. 

3. TKP 

Untuk soal TKP, kamu baru boleh memilih jawaban yang paling bagus di antara yang lain. Selain itu, kamu juga harus jujur dalam menjawab soal, karena jawaban kamu bisa mencerminkan siapa dirimu. TKP juga bisa dipelajari lewat buku latihan soal tes CPNS karena biasanya soal yang keluar kurang lebih mirip. 

4. TKB 

Untuk posisi di kementerian, jika kamu lulus TKD, kamu akan lanjut ke tahap TKB. Inilah pentingnya memilih posisi yang sesuai dengan minat atau sesuai jurusan kuliah. Sebab, soal-soal yang keluar akan berkaitan dengan posisi yang kamu ambil. 

Misalnya kamu memilih jabatan Analis Kebijakan Pertama, materi yang ditanyakan adalah seputar kebijakan publik. Kalau kamu sudah belajar tentang ini sejak kuliah, kesempatanmu untuk lulus tes CPNS akan lebih besar karena kamu lebih mudah memahaminya. 

3. Mempersiapkan Diri Dengan Baik Sebelum Tes 

Persiapkan diri dengan baik mulai H-1 hari tes. Pakai kemeja putih polos (dan jilbab hitam polos jika memakai kerudung), bawahan hitam polos, dan sepatu pantofel hitam. Bawa KTP dan dokumen lain yang dibutuhkan. 

Jangan lupa survei lokasi tes terlebih dulu agar kamu tidak tersasar dan tahu harus naik kendaraan apa ke sana. Sehari sebelum tes, kamu tidak perlu begadang dan belajar serius lagi, ya, supaya besok kamu bisa mengerjakan soal dengan tenang dan nyaman. 

Di hari H, jangan lupa sarapan agar kamu bisa lebih berkonsentrasi mengerjakan soal. Pastikan kamu datang sebelum waktu tes yang sudah ditentukan. Jangan sampai telat, karena akan membuatmu panik dan kekurangan waktu mengerjakan soal. Mulailah mengerjakan soal dengan berdoa.


Simak Keuntungan Jadi Aparatur Sipil Negara




Posting Komentar untuk "Tips Sukses Lulus Tes CPNS "