Tentang Listrik Statis dan Listrik Dinamis - TIPS BELAJAR MATEMATIKA

Tentang Listrik Statis dan Listrik Dinamis

Perpindahan dan Perubahan Energi Listrik - Setiap benda mempunyai ribuan muatan listrik. Muatan listrik ada dua macam, yaitu muatan positif (proton) dan muatan negatif (elektron). Benda dengan jumlah proton dan elektron sama disebut benda netral. Ada pula benda bermuatan positif maupun bermuatan negatif. Benda bermuatan positif jika jumlah proton lebih banyak daripada elektron. Benda bermuatan negatif jika jumlah elektron lebih banyak daripada proton.

Listrik sangat dibutuhkan manusia dalam kehidupannya. Secara garis besar, energi listrik dibedakan menjadi dua, yaitu listrik statis dan listrik dinamis. Kedua jenis listrik tersebut menghasilan energi listrik. Energi listrik dihasilkan oleh sumber energi listrik. Contohnya, air, angin, sinar matahari, dan bahan kimia. Dalam pemakaiannya, energi listrik mengalami perpindahan dan perubahan bentuk. Perpindahan dan perubahan bentuk energi listrik terjadi pada alat listrik yang terhubung dengan sumber listrik.

Listrik Statis

Listrik statis adalah listrik yang diam untuk sementara pada suatu benda. Fenomena listrik statis sering kita saksikan dalam kehidupan seharihari. Ketika menyetrika kain wool, begitu selesai disetrika maka kain wool tersebut menarik rambut-rambut di badan kita saat kain tersebut didekatkan ke tubuh. Atau coba Anda lakukan dengan menggunakan balon, gosokkan ke rambut Anda kemudian tempelkanlah pada dinding. Balon akan menempel pada dinding. Dalam skala yang besar fenomena listrik statis sering kita lihat pada timbulnya petir akibat loncatan muatan listrik statis. Gejala listrik statis terjadi pada penggaris mika.

Percobaab Gejala Listrik Statis

Alat dan Bahan:- Penggaris Mika
- Kertas

Cara Kerja:
  1. Sobeklah  kertas menjadi serpihan kecil
  2. Gosokkan penggaris plastic ke rambut kering selama 2 menit
  3.  Dekatan penggaris ke serpihan kertas. Apakah yang terjadi pada kertas?
  4. Biarkan penggaris plastic didekat serpihan kertas selama 1 menit.
  5. Apakah kertas masih tertarik pada penggaris?
  6. Lakukan langkah nomor 2 sekali lagi. Kemudian, dekatkan penggaris ke tangan kalian. Apa yang kalian rasakan?
  7. Apa kesimpulan yang dapat kalian ambil?
Ketika kita menggosokkan penggaris ke rambut, sejumlah elektron dari rambut berpindah ke penggaris. Akibatnya jumlah elektron pada penggaris bertambah. Penggaris menjadi bermuatan negatif. Perbedaan jumlah muatan pada penggaris ini menimbulkan gejala kelistrikan. Muatan pada penggaris ini bersifat diam (statis). Gejala kelistrikan yang terjadi disebut listrik statis. Gejala kelistrikan statis inilah yang menyebabkan rambut tertarik penggaris, gejala kelistrikan statis juga terjadi pada serpihan kertas yang menempel pada penggaris. 

Jika dua buah benda yang bermuatan didekatkan akan terjadi dua kemungkinan. Pertama, jika benda bermuatan itu senama ((+ dan +) atau (- dan -)) akan saling tolak menolak. Kedua jika benda bermuatan tersebut tidak senama ( + dan -) akan tarik menarik. 

Listrik Dinamis


Listrik Dinamis adalah listrik yang dapat bergerak. Salah satu contoh listrik dinamis adalah pada baterai. Baterai mempunyai kutub positif dan kutub negatif. Kutub positif (+) adalah ujung baterai dengan tonjolan kecil. Sementara, kutub negatif (–) adalah ujung baterai yang rata (biasanya mengilap). Jika kedua kutub dihubungkan dengan kabel, elektron mengalir dari kutub positif menuju kutub negatif. 

Aliran elektron ini disebut arus listrik. Ketika arus listrik melewati lampu, arus listrik menyebabkan lampu menyala. Ketika salah satu ujung kabel dilepas dari kutub baterai, lampu akan mati karena elektorn tidak dapat mengalir. Arus listrik hanya dapat menyala pada rangkaian tertutup.
Dapatkah kalian menemukan gejala listrik dari kegiatan tersebut? Gejala listrik terbukti dengan adanya nyala lampu. Lampu dapat menyala karena adanya electron. Electron mengalir, berarti electron tersebut terus bergerak (dinamis). Karenanya, gejala listrik yang timbul disebut listrik dinamis.

Sumber: http://repositori.kemdikbud.go.id/

Belum ada Komentar untuk "Tentang Listrik Statis dan Listrik Dinamis"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel