Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis Rangkaian Listrik

Jenis Rangkaian Listrik- Pada postingan sebelumnya telah dideskripsikan tentang listrik statis dan listrik dinamis. Pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang jenis rangkaian listrik.

Dalam rangkaian listrik, kita mengenal adanya rangkaian listrik seri dan parallel.  

a. Rangkaian Seri

Rangkaian seri terbentuk jika dua buah bola lampu atau lebih dihubungkan secara berderet. Demikian pula dengan sumber tegangan juga dihubungkan secara berderet. Pada rangkaian seri apabila salah satu lampu diputuskan (mati) maka lampu yang lain juga juga akan mati. 


b. Rangkaian Paralel

Rangkaian paralel terbentuk jika dua buah bola lampu atau lebih dihubungkan secara berjajar. Kutub lampu sejenis dihubungkan ke kutub baterai yang sama. Pada rangkaian paralel jika salah satu lampu
diputuskan ( mati ), lampu yang lainya tetap menyala. Hal ini terjadi karena lampu yang lain masih terhubung dengan sumber arus listrik


c. Rangkaian Campuran

Rangkaian campuran merupakan gabungan dari rangkaian seri dan rangkaian paralel. Keuntungan rangkaian seri adalah hemat kabel, dan rangkaiannya sederhana sehingga membuatnya pun mudah.
Kerugiannya pada saat satu lampu mati, yang lain juga mati. Begitu juga pada nyala lampunya, tidak terang (redup). Energinya juga boros, karena digambarkan 1R+1R+1R. Sementara rangkaian paralel adalah 1/R+1/R+1/R. Sementara keuntungan dan kerugian rangkaian paralel adalah kebalikan dari kerugian dan keuntungan seri. Sedang yang disebut rangkaian rumit adalah rangkaian gabungan antara paralel dan seri. Contohnya adalah lampu di rumah. 

Demikian penjelasan tentang Jenis-jenis rangkaian listrik. Baca juga postingan selanjutnya tentang sumber-sumber energi listrik.

Posting Komentar untuk "Jenis Rangkaian Listrik"