Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapakah Hasil dari 8:2(2+2) ?

 Berapakah Hasil dari 8:2(2+2) ?- Soal ini sempat viral di twitter dan menjadi perdebatan hasilnya yaitu 16 atau 1. Sebenarnya soal tersebut mudah untuk diselesaikan jikalau warganet mengingat aturan pengerjaan operasi hitung campuran bilangan cacah yang dipelajari sejak tingkat sekolah dasar.

Aturan perhitungan yang melibatkan operasi hitung campuran  menggunakan aturan Order of Operation yang digunakan sejak Tahun 1917 adalah sebagai berikut.

  1. Operasi perkalian dan pembagian sama kuat sehingga operasi perkalian dan pembagian dikerjakan secara  urut dari paling kiri.
  2. Operasi pejumlahan dan pengurangan sama kuat sehingga operasi penjumlahan dan pengurangan dikerjakan urut dari paling kiri.
  3. Operasi perkalian dan pembagian lebih kuat dari operasi penjumlahan dan pengurangan sehingga operasi perkalian dan pembagian dikerjakan terlebih dalhulu daripada operasi penjumlahan dan pengurangan.
  4. Jika dalam suatu operasi hitung melibatkan  tanda kurung, maka operasi dalam tanda kurung  dikerjakan terlebih dahulu.



Nah Jikalau soal yang viral ini dikerjakan tanpa menggunakan aturan di atas maka akan ada beragam jawaban seperti yang beredar di twiter. Ada netizen yang menjawab 16, ada juga yang menjawab 1.


Mari kita gunakan aturan di atas untuk menyelesaikan  8:2(2+2) 

8 : 2(2 + 2) (Langkah 1: Selesaikan dulu operasi dalam tanda kurung yaitu 2+2=4)

= 8 : 2 × 4  (Sekarang tinggal operasi perkalian dan pembagian yang sama kuat sehingga harus dikerjakan dari kiri ke kanan, yaitu 8 dibagi 2 hasilnya 4)

= 4 × 4 (Hasil 8:2=4 Selanjutnya dikalikan 4 sehingga hasilnya 16).

= 16

Mengapa dibuat aturan perhitungan seperti di atas. Jawabannya adalah untuk menghindari hasil operasi yang lebih dari satu penyelesaian, sehingga harus disepakati. Aturan perhitungan operasi hitung campuran telah diterapkan dalam kalkulator modern. 

Posting Komentar untuk "Berapakah Hasil dari 8:2(2+2) ?"