Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Perbedaan Panjang dan Jarak ?

Apa Perbedaan Panjang dan Jarak ? - Pada postingan hari ini, kita akan membahas tentang besaran panjang dan perbedaannya dengan jarak, serta bagaimana kedua konsep tersebut diintegrasikan ke dalam pengetahuan di usia muda. 

 Sebelumnya, kita harus bertanya pada diri sendiri apakah kita benar-benar mengetahui arti dari konsep-konsep ini: Apa itu besaran? Berapa panjang magnitudonya? Apa itu jarak?

Suatu objek memiliki berbagai karakteristik, atribut, dan properti, beberapa dapat kita lihat dan yang lain tidak dapat kita lihat tetapi hanya yang dapat diamati dan diberi nilai numerik yang merupakan besaran. Akibatnya, semua atribut yang tidak dapat diberi nilai numerik bukanlah besaran.

Besarnya panjang adalah jumlah ruang 'lengkap', pengukuran antara dua titik dalam dimensi atau objek, biasanya panjangnya.

Jadi, apa yang dimaksud dengan konsep jarak? Nah, jarak adalah ruang 'kosong' antara dua titik, dengan kata lain ruang yang ada di antara dua benda.

Oleh karena itu jarak antara besaran panjang dan jarak adalah sebagai berikut: panjang digunakan untuk mengukur bagian dari suatu objek dan jarak digunakan untuk mengukur ruang antar objek (atau titik).

Menguasai konsep panjang dan jarak

Panjang membutuhkan tingkat kompresi yang lebih sederhana untuk dipahami dan karena persepsinya tidak terlalu bertentangan, Anda dapat mulai mengerjakan konsep ini dengan usia yang lebih muda di sekolah. Setelah keterampilan spasial dan jarak antar objek dikembangkan, konstruksi konsep jarak dapat digabungkan.

Kapasitas spasial pada anak usia sekolah dasar sangat ambigu sementara konsep panjang berkembang sedikit demi sedikit dan akan berkembang sesuai dengan pengalaman yang dimiliki anak terkait dengan topik ini. Penanganan materi yang lebih akrab dan dekat dengan anak akan membantu perkembangannya di sepanjang jalan.

Misalnya, kita bisa mulai menggunakan penghapus, rautan pensil, atau klip untuk mengetahui panjang pulpen atau benda yang relatif kecil. Nanti kita akan dapat melanjutkan dan mengukur panjang yang lebih besar dan membandingkan panjang beberapa benda. Selama proses ini, konsep ruang akan diperluas dan kita akan dapat beralih ke pengukuran jarak antar objek di dalam sekolah hingga akhirnya mencapai jarak yang lebih jauh seperti yang ada antara rumah dan sekolah mereka.

“You cannot teach a man anything; you can only help him find it within himself.”(“Anda tidak bisa mengajari seseorang apa pun; Anda hanya dapat membantunya menemukannya di dalam dirinya sendiri.) – Galileo Galilei

Keinginan untuk menemukan, menjelajahi, dan mengetahui sejak kita masih kecil, dan sebagai manusia dengan kemampuan bawaan untuk memahami semua yang ada di sekitar kita, merupakan keuntungan besar ketika kita dihadapkan pada tantangan dan hal-hal baru. 

Posting Komentar untuk "Apa Perbedaan Panjang dan Jarak ?"