Cara Mahasiswa Memaknai Sumpah Pemuda

Cara Mahasiswa Memaknai Sumpah Pemuda - Semua orang Indonesia pada umumnya mengingat bahwa Hari Sumpah Pemuda diperingati pada setiap tanggal 28 Oktober. Tentu sebagai warga negara Indonesia juga mengetahui sejarah tercetusnya Sumpah Pemuda. Sumpah pemuda tertuang dalam keputusan kongres pemuda kedua yang diselenggarakan dua hari 27-28 Oktober 1928 di Jakarta.

KKN Mahasiswa Uniflor Tahun 2016 di Flores Timur NTT

Sumpah pemuda tercetus karena adanya keinginan para pemuda agar Indonesia menjadi negara yang merdeka. Para pemuda saat itu sadar bahwa cita-cita tersebut akan tercapai kalau pemuda Indonesia bersatu untuk berjuang bersama-sama. Semangat untuk bersatu (dalam keberagaman) tertuang dalam sumpah yang terkenal dengan Sumpah Pemuda. Para pemuda berikrar untuk bertanah air satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia dan berbahasa satu bahasa Indonesia.

Lalu, hikmah apa yang perlu dipetik dari semangat sumpah pemuda? Pada jaman perjuangan, para pemuda (mahasiswa) ikut berjuang untuk mewujudkan kemerdekaan maka saat para pemuda harusnya berbuat untuk mengisi kemerdekaan. Lalu bagaimanakah dengan kiprah mahasiswa di zaman mengisi kemerdekaan ?

Kemarin tanggal 28 Oktober 2016, saya sempat memberikan catatan akhir kuliah Desain Pembelajaran Matematika I dengan mengingatkan para mahasiswa bahwa mahasiswa sebagai warga Negara Indonesia memiliki peran untuk mengisi kemerdekaan. Berbagai cara yang dapat dilakukan oleh para mahasiswa adalah mencontohi semangat para pemuda misalnya semangat belajar, menjaga kebersamaan, selalu rasional dalam bertindak, menjadi mediator budaya, dan banyak hal postitif lainya. Mahasiswa juga dapat bergabung dengan organisasi kemahasiswaan di kampus dan berupaya untuk melaksanakan pengabdian masyarakat. Itulah hal-hal sederhana yang dapat dilakukan mahasiswa untuk memaknai semangat para pemuda saat mencetus SUMPAH PEMUDA.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mahasiswa Memaknai Sumpah Pemuda"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...