Bagaimana Proses Terjadinya Hujan

Bagaimana Proses Terjadinya Hujan. Pada zaman dahulu, pertanyaan terkait bagaimana proses terjadinya hujan dijawab dengan mitos yang menyatakan bahwa hujan disebabkan oleh bocornya atap langit. Jika kita membaca sejarah pengetahuan manusia,seiring dengan perkembangan Sains dan sifat manusia yang selalu ingin tahu, jawaban akan pertanyaan tersebut ikut berubah. Hujan adalah air yang turun dari langit yang disebabkan oleh serangkaian proses kimia yang terjadi dari alam. 

Banyak proses yang terjadi dan faktor yang menyebabkan terjadinya hujan di bumi. Hujan terjadi disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah: Penguapan air oleh panas matahari, Temperatur dan angin serta grafitasi bumi. Hujan dapat jatuh ke ke bumi karena peran faktor-faktor tersebut secara bersamaan.

Sumber energi panas utama di bumi adalah sinar matahari. Panas matahari memiliki banyak manfaat. Berhubungan dengan terjadinya hujan, panas matahari menyebar ke seluruh bumi dengan intensitas berbeda. Air danau, air laut dan air sungai yang ada di permukaan bumi juga terkena sinar matahari. Karena panas dari matahari tersebut, sumber air di permukaan bumi mengalami proses penguapan. Proses penguapan juga terjadi dari sumber-sumber lain selain air.

Suhu udara yang tinggi akibat bumi terpapar matahari mengakibatkan uap air menjadi padat. Kumpulan uap air yang padat membentuk apa yang disebut awan. Awan merupakan kumpulan tititk-tititk air kecil yang terkena suhu tinggi dan sudah terkumpul menjadi banyak. Dengan bantuan angin awan-awan kecil dapat bertiup kemudian menyatu satu sama lain, sehingga membentuk awan yang lebih besar. Awan yang telah membesar akan bergerak ke langit atau tempat yang mempunyai suhu yang lebih rendah. dan semakin banyak butiran awan yang berkumpul, maka warnya akan berubah menjadi kelabu.

Setelah awan menjadi semakin banyak berkumpul dan warnanya semakin menjadi kelabu, karena titik-titik air manjadi semakin berat dan tidak dapat terbendung lagi. Dalam proses inilah, butiran-butiran air yang ada kemudian jatuh ke bumi sehingga terjadi peristiwa alam yang disebut hujan. Kadang-kadang hujan turun disertai dengan terjadinya petir dan bunyi gunturur.



Kesimpulannya hujan terbentuk karena Panas dari matahari membuat air yang ada dimuka bumi menjadi mengalami proses penguapan. Selanjutnya kumpulan uap air tersebut membentuk awan. Dengan bantuan angin, awan awan berkumpul menjadi awan yang lebih besar. Karena awan sudah semakin besar menyebabkan kandungan air semakin berat, dengan bantuan gravitasi bumi maka uap air tersebut turun ke bumi, sehingga terjadilah hujan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Bagaimana Proses Terjadinya Hujan"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...