Manfaat Pembelajaran Berbasis Masalah

Manfaat Pembelajaran Berbasis Masalah. Beberapa manfaat atau keunggulan yang didapatkan dengan penggunaan pembelajaran berbasis masalah sebagaimana diungkapkan oleh Wina Sanjaya (2008: 221) sebagai berikut:

1. Pembelajaran berbasis masalah akan menuntun peserta didik mendapatkan alternatif pemecahan masalah yang baik terkait dengan materi yang diberikan.
2. Pemecahan masalah yang berlangsung selama proses pembelajaran menantang daya pikir dan imajnasi peserta didik yang pada akhirnya memberikan kepuasan tersendiri bagi peserta didik.
3. Pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran.

4. Membantu proses transfer peserta didik untuk memahami masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari.
5. Membantu peserta didik mengembangkan pengetahuannya dan memberikan tanggung jawab kepada peserta didik untuk menyelesaikan masalah yang diberikan.
6. Pembelajaran berbasis masalah menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, dan
7. Pembelajaran berbasis masalah dimungkinkan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari peserta didik.

PBM akan sangat berguna bagi peserta didik dalam meningkatkan aktivitas atau keterampilan proses dalam pembelajaran. Selain itu juga PBM akan sangat membantu peserta didik dalam menyediakan alternatif-alternatif pemecahan masalah yang didapatkan sendiri oleh peserta didik melalui serangkaian penyelidikan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, PBM dapat menjadi solusi alternatif bagi guru untuk meningkatkan aktivitas dan pemahaman peserta didik karena PBM memiliki manfaat yang cukup baik bagi peserta didik.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manfaat Pembelajaran Berbasis Masalah "

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...