Cara Menemukan Luas Permukaan Bola dengan Media Sederhana di SD


Cara Menemukan Luas Permukaan Bola dengan Media Sederhana di SD - Bola merupakan salah satu bangun ruang sisi lengkung. Dalam pembahasan tentang bangun ruang, ada dua pengukuran yang sering ditemui yaitu volume dan luas permukaan. Tak terkecuali bangun ruang Bola. Untuk menemukan rumus luas permukaan bola tentu dapat dibuktikan secara formal, namun hal ini sangat sulit bagi anak usia sekolah dasar.


Menemukan rumus luas permukaan bola dapat dilakukan dengan cara sederhana menggunakan media yang ada di lingkungan siswa. Tentu saja, kita tidak dapat merusak bola sepak plastik milik siswa. Guru dapat menggunakan media-media seperti kulit jeruk yang banyak di sekitar siswa. Kulit jeruk dapat digunakan untuk melakukan percobaan membuktikan Rumus Luas Permukaan Bola.



Adapun langkah-langkah melakukan Percobaan Membuktikan Rumus Luas Permukaan Bola dengan menggunakan kulit jeruk adalah sebagai berikut:
Langkah 1: Potonglah jeruk menjadi dua bagian yang sama besar  


Langkah 2: Gambarlah 2 buah lingkaran yang diameternya sama dengan diameter jeruk, diameter lingkaran = diameter jeruk ( dapat dilakukan dengan menelungkupkan setengah jeruk dan menggambar pola lingkarannya 


Langkah 3: Kupas kulitnya kulit jeruk tersebut potonglah kecil-kecil kulit jeruk dari belahan jeruk yang berbentuk setengah bola tersebut 


Langkah 4: Kemudian tempelkan potongan kulit jeruk dari satu belahan jeruk pada dua lingkaran yang diameternya sama dengan diameter jeruk. Potongan kulit jeruk tersebut akan menutupi seluruh permukaan kedua lingkaran. 

Masih tersisa kulit belahan jeruk yang satunya. Kita dapat melakukan langkah seperti pada langkah 2 – 4. Dari percobaan yang sudah dilakukan di atas ternyata. Ditemukan kenyataan sebagai berikut:
Luas setengah jeruk = 2 x Luas lingkaran
Luas setengan bola = 2 x Luas lingkaran
Luas setengah bola = 2 x (ᴨ r^2)
Luas setengah bola = 2 ᴨ r^2
Luas jeruk ( bola ) = 2 x Luas setengah bola 2 x 2 ᴨ r^2 = 4 ᴨ r^2

Jadi, Luas permukaan bola yaitu 4 ᴨ r^2, dengan, ᴨ = nilai phi ( 22/7 atau 3,14 ) dan r = jari-jari bola

Dengan menggunakan media untuk peragaan di atas, siswa diharapkan dengan mudah menemukan luas permukaan bangun bola karena siswa melakukan aktivitas sambil berpikir. Dengan cara ini juga siswa mengggunakan rumus menghitung luas permukaan bola hasil konstruksi sendiri dan prosedur ini bermakna bagi mereka. Pembelajaran matematika bermakna seperti ini membuat siswa tidak cepat lupa dengan apa yang mereka pelajari.
loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menemukan Luas Permukaan Bola dengan Media Sederhana di SD"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel