Permainan Tradisional Untuk Materi gaya gravitasi

Permainan Tradisional Untuk Materi gaya gravitasi - Gaya grvitasi disebut juga gaya tarik bumi. Dengan adanya gaya gravitasi maka setiap benda akan tertarik menuju pusat bumi. Gaya gravitasi bumi juga menyebabkan makhluk dan benda mati bisa bertahan di bumi (tidak melayang). Gaya ini memiliki arah dari atas kebawah (Hotimah, 2008: 107)

Dalam kegiatan ini, maka permainan tradisional yang dapat dijadikan sebagai media belajar adalah:

(1) Bola bekelan merupakan mainan tradisional yang sering dimainkan oleh anak-anak perempuan di masa lalu atau sampai sekarang yang dilakukan secara berkelompok, mainan ini juga dapat dijadikan media pembelajaran sains pada pokok bahasan gaya gravitasi yaitu untuk mengetahui kecepatan jatuh benda, bola bekelan dengan cara dilempar ke atas dan kemudian jatuh, dan bola bekel dilemapar dengan cara membandingkan antara bola bekel kecil dan besar. Hal tersebut diakibatkan adanya pengaruh gaya gravitasi.


(2) Parasut merupakan mainan anak-anak yang dibuat dari bahan-bahan tradisional, mainan ini juga sering dimainkan anak-anak usia dini maupun anak sekolah dasar. Pada mainan ini, secara sederhana dapat dijadikan media pembelajaran pada pelajaran sains, permainan ini dimodifikasi dengan cara satu diberi beban pada busur parasut dan yang lain tidak sehingga anak dapat membandingkan andanya pengaruh besar kecilnya gaya gravitasi pada dua parsut tersebut.
Sumber:Moh Arif.2009. IMPLEMENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA PEMBELAJARAN SAINS MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL DI MIN KAUMAN JOMBANG. Tesis UNY: Tidak diterbitkan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Permainan Tradisional Untuk Materi gaya gravitasi"

Post a Comment

loading...

Iklan Atas Artikel

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...